Trik Kurangi Selulit

DokterSehat.Com – Selulit merupakan guratan-guratan putih yang muncul pada permukaan kulit yang tampak seperti tekstur kulit jeruk. Biasanya selulit terjadi karena kulit mengalami gangguan metabolisme dan lemak yang berlebih sehingga membentuk jaringan parut. Selulit dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria, wanita, remaja, anak-anak hingga bayi sekalipun. Selulit sendiri sering muncul pada daerah paha, perut, ketiak, pinggang dan bagian-bagian tubuh lainnya yang jarang bergerak.

18

Berikut tips mengurangi selulit :

  • Banyak minum
    Minumlah 6-8 gelas air putih per hari untuk menyingkirkan setiap kelebihan natrium yang menyebabkan retensi cairan. Jika bosan dengan air putih, cobalah teh herbal atau jus buah murni. Banyak cairan akan membuat kulit lebih lentur.
  • Hentikan rokok
    Satu lagi alasan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok dapat memperburuk selulit karena memotong suplai makanan ke kulit dan membanjiri tubuh Anda dengan racun. Ini memiliki efek yang merugikan pada elastisitas kulit sehingga memperburuk selulit dan menyebakan keriput dan kulit kendur.
  • Kurangi stres
    Stres menyebabkan perubahan hormonal yang dapat memengaruhi kulit. Kortisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan penipisan kulit dan meningkatkan penyimpanan lemak. Juga, bisa memperlambat produksi hormon pertumbuhan kulit sehat.
  • Olahraga
    Berat badan berlebih bisa memperburuk selulit. Jika Anda menggabungkan program latihan kardiovaskular dengan pelatihan ketahanan pada kaki, secara dramatis dapat mengurangi penampilan selulit. Ini memang memakan waktu lebih dari tujuh hari, tapi manfaatnya akan luar biasa.
  • Gosok tubuh
    Menggosok kulit membantu mengangkat sel kulit mati, merangsang sirkulasi, dan meningkatkan aliran limfatik Anda. Hal ini pada gilirannya mengatasi drainase buruk di sel-sel lemak yang menyebabkan selulit. Untuk hasil terbaik, gosok tubuh dua kali sehari saat mandi.
  • Lembapkan kulit
    Krim untuk selulit sudah banyak tersedia di toko-toko. Untuk hasil maksimal, Anda tidak bisa hanya mengandalkan krim, tapi juga diikuti dengan olahraga dan makan/minum yang sehat. Menggunakan pelembap kulit dua kali sehari akan membantu kulit menjadi lebih mulus dan elastis. Pelembap biasnya dirancang untuk meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan produksi kolagen. Untuk hasil terbaik, krim harus digunakan terus-menerus.
  • Perbanyak asam lemak esensial
    Asam lemak esensial dapat membantu memperkuat jaringan di sekitar sel-sel lemak sehingga membantu untuk mengurangi selulit. Makanan kaya akan asam lemak esensial dapat menghentikan berkurangnya sel-sel lemak. Sumber asam lemak esensial adalah minyak zaitun, minyak biji rami, minyak biji blackcurrent, minyak kemiri, dan minyak ikan (coba makan ikan berminyak seminggu sekali).
  • Perbanyak makanan berprotein
    Protein dapat membantu karena mengandung albumin yang membantu menyerap kelebihan cairan. Untuk hasil terbaik, cobalah makan tiga porsi ikan, kacang-kacangan dan biji, unggas, atau tahu setiap hari.
  • Dipijat
    Pijat dari ahli pijat yang terlatih memiliki berbagai manfaat. Antara lain, membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi dan drainase limfatik, dan memecah adhesi.
  • Endermology
    Meskipun awalnya dikembangkan sebagai pengobatan untuk bekas luka, sekarang terapi digunakan sebagai pengobatan untuk mengurangi selulit dan mengencangkan kulit. Teknik ini menggunakan alat yang menghancurkan beberapa sel-sel lemak sehingga meningkatkan sirkulasi dan meregangkan serat kolagen. Sel lemak dipecah kemudian menyebar ke lapisan halus. Kemajuan akan terlihat setelah satu sesi. Dianjurkan menjalani sepuluh sesi untuk hasil yang permanen.