Trik Agar Tidak Sakit Setelah Olahraga di Pagi hari

Doktersehat.com – Banyak orang yang enggan melakukan olahraga pagi dikarenakan malas dan lebih nyaman untuk melanjutkan tidur. Akan tetapi olahraga pagi pun memberikan bnyak manfaat jika diakukan dengan baik. Selain itu, olah raga di pagi hari memiliki banyak tantangan, seperti kita harus bangun pagi. Anda bisa mulai mencoba untuk berolah raga di pagi hari, karena ada banyak manfaat yang anda dapatkan.



Selain sinar matahari yang masuk ke retina mata di pagi hari. Olah raga pagi membantu untuk mengawali fungsi metabolis seperti memicu keluarnya hormon yang mempengaruhi nafsu makan, tekanan darah dan siklus bangun dan tidur.

Olahraga pagi hari memang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tapi jika dilakukan dengan cara yang salah maka bukan manfaat yang didapat melainkan rasa sakit. Lalu bagaimana agar tidak sakit setelah olahraga pagi?

Jika orang memiliki jadwal olahraga yang ketat dan langsung melakukannya segera setelah bangun tidur tanpa mengonsumsi apapun maka bisa membuat orang jadi mual dan lemas sepanjang hari.

Namun kondisi ini sebenarnya bisa dihindari dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan serta beradaptasi dengan rutinitas yang akan dilakukannya. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Livestrong, Senin (25/6/2012) yaitu:

1. Aturlah jadwal di pagi hari agar memungkinkan melakukan latihan lebih nyaman. Jika tahu akan jadi sakit apabila langsung olahraga setelah bangun tidur, maka atur ulang rutinitas di pagi hari agar memberi kesempatan beebrapa menit bagi tubuh sebelum langsung berolahraga.

2. Membagi waktu sarapan menjadi 2 bagian untuk menghindari berolahraga dalam keadaan perut kosong atau justru terlalu kenyang. Makanlah camilan tinggi kalori kompleks sebelum olahraga untuk memberi tenaga dan menghindari serangan gula darah rendah, serta mengonsumsi lagi sarapan protein setelah olahraga.

3. Melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, hal ini karena tubuh akan merasa lelah dan otot akan menjadi sakit jika langsung beraktivitas tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dengan pemanasan dan peregangan akan membuat otot utama secara bertahap siap untuk latihan lebih intens.

4. Minum air yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat selama latihan, bahkan meski tidak terasa haus. Jika merasa mual bisa jadi itu adalah tanda pertaam dehidrasi.

5. Melakukan aktivitas secara bertahap mulai dari yang ringan, karena gerakan awal latihan yang tinggi bisa membuat sakit dan tidak memberikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi.

Sumber : detikhealth.com & antaranews.com