Trend Terbaru Olahraga di Amerika Serikat: Merangkak Layaknya Bayi

DokterSehat.Com – Merangkak adalah sebuah fase yang terjadi pada bayi yang biasanya sudah cukup aktif untuk bergerak namun belum mahir untuk berjalan. Dengan merangkak, bayi pun bisa meraih berbagai tempat atau mendapatkan mainan yang mereka inginkan. Tahukah anda, gerakan merangkak yang dilakukan oleh para bayi ini ternyata kini telah menjadi sebuah trend olahraga yang banyak dilakukan di kelas-kelas kebugaran di Amerika Serikat. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-merangkak

Diketahui jika kini banyak sekali kelas kebugaran, layaknya di kota Chicago atau yang berada di kota San Fransisco, yang mulai mempraktekkan gerakan merangkak ini. Yang menarik adalah, banyak masyarakat yang juga tertarik untuk melakukannya karena menganggap gerakan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Pakar olahraga Tim Anderson menyebutkan jika memang gerakan merangkak layaknya bayi ini terlihat cukup konyol, apalagi dilakukan oleh cukup banyak orang di dalam satu ruangan atau kelas. Namun, menurut Anderson, gerakan merangkak yang terlihat konyol ini ternyata sangat efektif untuk memperkuat inti pada otot-otot perut, otot pada samping perut, dan otot punggung. Andai kita sudah memperkuat kekuatan inti tubuh atau core strength, maka tubuh kita pun akan tidak mudah mengalami cedera untuk melakukan berbagai macam olahraga.

Meskipun terlihat sederhana, banyak orang dewasa yang ternyata kesulitan untuk merangkak dengan lancar layaknya bayi. Selain itu, gerakan merangkak dalam kelas olahraga ini juga cenderung bervariasi dari merangkak ke arah depan, merangkak mundur, atau bahkan merangkak dengan hanya bertumpu pada jari-jari tangan dan ujung jari kaki. Selain itu, ada pula gerakan merangkak maju dengan memakai beban tambahan pada kaki.

Satu hal yang pasti, olahraga merangkak ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di dalam rumah. Kita pun bisa dengan mudah mempraktekkannya dalam waktu senggang. Jadi, apakah anda tertarik untuk melakukan gerakan merangkak ini agar tubuh lebih kuat?

Baca Juga:  Ingin Jauh Dari Osteoporosis Caranya Aktif Bergerak

Photo Source: The Washington Post