Tremor – Ulasan Singkat

tremor-doktersehat

Tremor adalah gerakan tidak terkendali secara terus-menerus yang menyebabkan gemetar pada satu atau lebih bagian tubuh. Fenomena ini bisa terjadi di bagian manapun dari tubuh. Tremor adalah gerakan ritmik yang membuat dan membedakan tremor dari gerakan abnormal lainnya.

Tremor pada penyakit Parkinson tidak selalu parah, tapi bisa memengaruhi banyak aktivitas keseharian Anda. Untuk membantu mengendalikan tremor di tangan atau lengan saat Anda mencoba menggunakan tangan, tekan siku yang terkena ke arah tubuh untuk menstabilkan lengan atas dan kemudian lakukan gerakannya.

Berikan penjepit kaku di sendi atau letakkan sedikit pemberat di tangan dapat membantu mengurangi tremor dan mengembalikan kontrol. Kafein bisa membuat tremor lebih buruk, sehingga kurangi jumlah teh, kopi, atau cola yang Anda minum sehingga membuat tremor menjadi lebih sedikit.

Klasifikasi Tremor

Dua kategori utama dapat dikenali:

  1. Tremor normal (juga disebut tremor fisiologis).
  2. Tremor abnormal (atau tremor patologis).

Tremor normal atau fisiologis adalah tremor yang halus dan nyaris tak terlihat, yang sulit dilihat oleh mata telanjang dan tidak mengganggu aktivitas. Tremor ini bisa dilihat di jari saat lengan terulur, jika ingin lebih jelas, letakkan kertas tipis atau tisue di atas jari ketika lengan terulur. Frekuensi kontraksi berada pada rentang 8-13 siklus per menit. Penyebab tremor ini tidak diketahui, namun hal itu tidak dianggap terkait dengan proses penyakit apapun.

Tremor abnormal atau patologis itu lebih jelas dan lebih terlihat dengan mata telanjang. Dengan demikian, hal itu mengganggu aktivitas sehari-hari. Frekuensi kontraksi berada di rentang 4-7 siklus per menit. Dalam banyak kasus, tremor ini terkait dengan kondisi medis yang dapat dijelaskan. Paling sering tremor abnormal terjadi pada bagian distal tungkai (tangan, jari). Namun, setiap bagian tubuh (seperti kepala, lidah, pita suara, atau bagasi) dapat terpengaruh oleh tremor.

Tremor – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9