Tremor Esensial, Pemicu Tangan Gemetar Tanpa Sebab

DokterSehat.Com – Penyakit Parkinson sangat erat dengan gejala layaknya tangan yang mengalami tremor atau gemetar tanpa sebab. Hal ini membuat banyak orang merasa khawatir andai melihat tangan mereka mengalami tremor. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika tremor pada tangan ini belum tentu berkaitan dengan penyakit yang terkenal akibat diderita oleh mendiang petinju legendaris Muhammad Ali ini. Tahukah anda, anda justru harus mewaspadai akan sebuah penyakit tremor esensial yang tentu harus ditangani secara medis dengan benar.

doktersehat-tremor-esensial

Pakar kesehatan menyebut tremor esensial sebagai munculnya gejala gemetaran tanpa sebab pada tangan yang seringkali menimpa orang dewasa. Biasanya, gejala penyakit ini akan muncul secara perlahan-lahan dan akan semakin terlihat seiring dengan semakin tuanya seseorang. Belum diketahui apa penyebab dari penyakit tremor esensial ini. Memang, penyakit ini termasuk penyakit yang ringan, namun, jika gejala tremor ini semakin parah, tentu kualitas hidup seseorang akan berkurang mengingat banyaknya aktivitas yang pada akhirnya terganggu bukan?

Andai tremor esensial semakin parah, kita tentu akan kesulitan untuk menulis dengan tangan. Tak hanya itu, kita akan kesulitan melakukan beberapa keterampilan layaknya merajut atau bahkan menggunakan beberapa peralatan layaknya peralatan menggambar dan lain seagainya. Tak hanya itu, hal-hal sepele layaknya menuangkan air ke dalam gelas atau mengancingkan baju juga akan semakin sulit untuk dilakukan. Tak hanya itu, kita juga akan terlihat gugup dan kurang bisa tenang saat bertemu dengan orang lain sebagai efek samping dari penyakit ini. Alhasil, banyak penderita tremor esensial yang mengalami kehilangan rasa percaya diri.

Beruntung, kini ada teknologi terbaru yang bisa mengatasi tremor esensial yang disebut sebagai MRI-Guided Focused Ultrasound yang bisa mengatasi penyakit ini tanpa perlu pembedahan. Dengan menggunakan gelombang ultrasound yang bisa mencapai bagian thalamus otak, maka sel-sel saraf yang rusak dan memicu tremor esensial bisa dihancurkan. Kita pun akan bisa kembali menikmati hidup dengan normal tanpa mengalami tremor yang parah.