Trampolin, Olahraga Sehat dan Mengasyikkan Bagi Anak

DokterSehat.Com – Trampolin adalah salah satu permainan yang disukai oleh siapa saja, baik itu orang dewasa atau anak-anak. Saat bermain trampolin, kita bisa melompat-lompat dengan perasaan yang girang hingga berkeringat. Namun, tahukah anda jika pakar kesehatan ternyata sangat merekomendasikan permainan ini sebagai aktifitas fisik anak-anak yang menyehatkan? Berikut adalah manfaat berolahraga trampolin bagi anak.

doktersehat-trampolin

Pakar kesehatan dan olahraga dr. Grace Tumbeleka, SpKO, menyebutkan jika anak yang suka bermain trampolin akan cenderung memiliki otot-otot yang lebih kuat dan mendapatkan tumbuh kembang yang cukup baik. Selain itu, anak-anak akan memiliki tungkai bawah yang lebih kuat dan mereka pun akan membakar kalori yang lebih banyak. Alhasil, anak juga akan terhindar dari masalah berat badan yang berlebihan yang bisa memicu beberapa penyakit berbahaya.

Yang membuat pakar kesehatan sangat merekomendasikan bermain trampolie sebagai olahraga anak adalah adanya unsur fun dari aktifitas fisik ini. Seringkali, anak malas jika diajak untuk berolahraga layaknya berlari atau senam karena dianggap tidak mengasyikkan. Berbeda dengan bermain trampolin yang membuat anak bermain dan melompat-lompat dengan riang gembira sehingga tanpa terasa mereka sudah melakukan aktifitas fisik yang cukup lama.

Beliau menyarankan anak-anak untuk rutin melakukan olahraga dengan trampolin ini setidaknya 30 hingga 60 menit dalam sehari. Namun, Ia hanya merekomendasikan olahraga ini pada anak yang sudah melewati usia enam tahun. Mengapa? Menurut dr. Grace, anak dengan usia tersebut sudah mengalami perkembangan motorik yang baik. Selain itu, pengawasan dari orang tua juga harus dilakukan dengan baik karena anak bisa saja ingin melakukan gerakan-gerakan ekstrim yang bisa saja membuat mereka cedera layaknya gerakan salto ke belakang, apalagi jika anak yang bermain di dalam satu trampoline cukup banyak.