Tragis, Penderita Leukemia Ini Meninggal di Pesawat

doktersehat-pesawat

DokterSehat.Com– Seorang penderita penyakit leukemia, sejenis kanker yang paling mematikan di seluruh dunia, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia saat melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Kuching, Malaysia, Minggu, 25 Maret 2018 lalu.

Dilansir dari The Star Online, petugas kepolisian dari Kota Kuching, Supt Abang Junaidi Abang Anuar menyebut sang pasien bernama Wong Ho Huah, pria berusia 46 tahun yang berasal dari Sri Aman. Petugas penerbangan menyebut Wong Ho meninggal pada pukul 11.10 di tengah-tengah penerbangan.

Supt Abang Junaidi menyebutkan bahwa Wong terbang ke Kuching dengan ditemani oleh saudaranya yang duduk persis di sebelahnya. Pada pukul 12.03, atau hanya beberapa saat setelah pesawat mendarat di Kuching International Airport, pihak kepolisian Sungai Maong mendapatkan laporan tentang insiden ini dan langsung bergerak menuju lokasi.

Pihak kepolisian memastikan bahwa korban sama sekali tidak mengalami tindakan kriminal dan meninggal dengan mendadak karena menderita penyakit leukemia. Kini, jenazah Wong dikabarkan sudah dibawa ke Sarawak General Hospital untuk mendapatkan pemeriksaan lebih mendalam.

Pakar kesehatan menyebut leukemia atau kanker darah sebagai kondisi yang membuat tubuh memproduksi sel darah putih dengan jumlah yang sangat berlebihan. Hal ini membuat tubuh tidak mampu melawan berbagai infeksi dengan baik. Banyaknya jumlah sel darah putih ini membuat proses pembuatan sel-sel darah lain terganggu sehingga penderitanya rentan terkena infeksi, perdarahan, atau memar-memar.

Leukemia bisa disebabkan karena terjadinya kelainan kromosom pada tubuh, kerap terkena paparan polusi atau radiasi, hingga karena kebiasaan merokok. Satu hal yang pasti, penyakit ini sangat mematikan dan proses pengobatan yang dibutuhkan juga cukup banyak.

Sobat Sehat apakah memiliki saudara atau teman yang menderita leukemia?