informasi kesehatan


Toxoplasma – Apa itu?

Tokso menular pada sebagian besar mamalia (termasuk manusia) dan beberapa jenis burung. Kucing menularkan tokso meialui kotorannya, sedangkan binatang lain melalui masakan daging yang kurang matang. 90% kucing terpapar tokso. Selain itu, kita dapat tehnfeksi tokso karena makan buah atau sayuran yang tidak dicuci bersih, dari ibu yang terinfeksi tokso ke bayinya melalui plasenta, atau tak sengaja menelan tanah selagi bercocok-tanam.

Tokso biasanya menginfeksi otak, tetapi bisa juga menyerang bagian tubuh -lain terutama mata. Tokso menyebabkan luka yang amat serius di otak. Pada kehamilan, tokso dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada bayi. Tokso dapat djobati. Karena sangat berbahaya, penyakit ini harus diobati secepat mungkin.

Orang dengan HIV sangat berisiko mendapat tokso, sebuah infeksi serius yang sering menyerang otak. Apa yang dimaksud dengan tokso dan langkah-langkah yang dapat anda ambil untuk mencegah dan memerangi tokso. Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, anda dapat tetap sehat lebih lama. Tokso adalah kependekan dari toksoplasmosis, istilah medis untuk penyakit ini. Pada orang dengan HIV, tokso bisa menjadi sangat serius.

Penyebab tokso adalah kuman yang sebenarnya sudah dimiliki oleh banyak orang di dalam tubuhnya. Kuman ini tidak berbahaya, kecuali anda antibiotics online mengalami HIV atau beberapa penyakit lain yang melemahkan sistem kekebalan. Tanpa sistem kekebalan yang kuat untuk melindungi tubuh anda, tokso bisa menyebabkan penyakit yang parah. Orang dengan penyakit ini dapat mengalami sebagian atau semua gangguan. Gejala-gejala Tokso yaitu sakit kepala, lemah, sulit berpikir jernih, demam, mati rasa, koma, serangan jantung, gangguan saraf lain.

(yz/sumber: Mediconsult.com)

Dokter Sehat

pf button both Toxoplasma   Apa itu?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

25 Responses to “Toxoplasma – Apa itu?”

  1. gallo says:

    dok saya terinfeksi toxo dan CMV usia saya 19 tahun,,,jumlah toxo saya 167,CMV saya mencapai 479,,, sekarang saya sedang menjalani pengobatan,,,seandainya sembuh apakah dapat sembuh total dan adakah kemungkinan terinfeksi lagi??
    mohon bantuannya dok…
    apakah ini berbahaya untuk saya di usia saya?
    juga apa mempengaruhi kecerdasan saya?
    jika dibiarkan saja apakah akan bertambah parah?
    misalnya bisa jadi cacat atau retardasi mental pada saya?
    penyakit ini kan kumat-kumatan dok,,,nah supaya tidak kumat-kumatan apa yang harus saya lakukan?

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 15 Thumb down 0

  2. dr. Valentine says:

    Toxoplasma hanya berbahaya pada individu dengan kekebalan rendah seperti: penderita HIV, kanker, setelah transplantasi, serta janin pada ibu hamil.
    Bila kekebalan baik tidak muncul gejala, hanya tampak seperti flu saja.
    Untuk penanganannya biasanya digunakan imunostimulan untuk meningkatkan kekebalan dan obat anti parasit.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

  3. bella says:

    Dok,
    teman saya terkena virus toksoplasma di otaknya. yang mengakibatkan lemas di bagian kanan nya ( kaki dan tangan ) sampai saat ini kaki sudah bisa digerakkan tapi tangan masih lemas sekali. Apakah itu bisa disembuhkan dok? bagaimana caranya? sampai saat ini dia masih minum obat2 dr dokter.

    Mohon jawabannya dok

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 8 Thumb down 0

  4. vina says:

    Dok, pada kehamilan usia 12 minggu, saya melakukan tes TORCH. Dan hasilnya IgG toxo positif (kons: 899), igM toxo positif (index: 1,12), dan aviditas igG toxo tinggi (high avidity-index: 0.493). Saya pun melakukan usg 4D untuk melihat kondisi janin, dan telah diukur semua perkembangan. Setelah dilihat oleh dokter kandungan saya, janin berada kondisi normal dan tidak ada kelainan.
    Kemudian, saya kembali melakukan tes tokso ketika kandungan sekarang ini menginjak 16 minggu. Hasil igG dan igM masih positif. igG (kons:945) dan juga igM (index: 1,19).

    Yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apakah kehamilan saya beresiko tinggi untuk dilanjutkan?
    2. Apa yang harus saya lakukan untuk menurunkan kadar toksoplasma?

    Terima kasih

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 10 Thumb down 2

  5. lely says:

    Dok, pada kehamilan usia 12 minggu, saya melakukan tes .. hasilnya igM toxo positif (index: 0,98. Atas saran dokter saya kembali melakukan tes tokso ketika kandungan 14 minggu. Hasil igG dan igM masih positif. igG (kons:909) dan juga igM (index: 0,95). IgG avidity HIGH (0,578).
    apakah benar jika avidity high blm perlu dilakukan pengobatan? mohon penjelasannya. thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 4

  6. eltien says:

    dok, apa beda IGg toxo dengan IGm toxo? bila seseorang divonis terinfeksi toxo dilihat dari Igg atau Igm?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  7. aileen says:

    Dok, saya ingin hamil dlm wkt dkt ini, oleh karena itu saya cek ke lab hasilnya sbb –>
    IGg toxo positif kons:567.
    IGm toxo positif index 1,47.
    stlh itu dicek avidity Anti-toxo iGg hasilnya high avidity index 0.352.
    Bagaimana ya, apa saya perlu minum obat atau ada saran lainnya?

    Oia,saya sejak kecil punya anjing dan sampai skrg masih punya.

    test lainnya:
    Igg anti rubella positif 57.
    igm rubella negatif index 0.15.

    Igg anti CMV positif 49.
    Igm anti CMV negatif 0.12.

    Igg HSV2 negatif index 0.24.
    Igm HSV2 negatif 0.46.

    Mohon bantuannya ya.
    Terima kasih

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 12 Thumb down 5

  8. mazbete says:

    trima kasih atas informasinya sangat jelas untuk menambah wawasan saya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  9. Maku says:

    Mana respon dokternya ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  10. me says:

    dok.. papa q kena tokso jumlahnya 2000.000 sama hiv itu bisa disembuhkan atau tidak ?? bisa hidup lama gak klo cd4 nya naik?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,

      Perlu diketahui infeksi hiv mempunyai 2 tahap yaitu masa sebelum timbulnya gejala dan masa setelah virus menyebabkan ketahanan tubuh sudah sangat berkurang yang kita sebut juga sebagai AIDS.

      Apabila sudah memasuki tahap dimana cd 4 rendah ( tahap AIDS) apabila pasien disertai dengan infeksi toxoplasma maka prognosis (gambaran ke depannya) pasien tersebut adalah buruk.

      Diperlukan perawatan intensif di rumah sakit untuk keadaan tersebut dan melanjutkan terapi obat ARV. Cobalah untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter penyakit dalam untuk terapi lebih lanjut.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Effendy says:

    Dok, mohon petunjuknya
    Istri saya sekarang sudah hamil 15 minggu, saat awal hamil disuruh dokter kandungan cek toxoplasma IgG dan IgM, tapi hasilnya Toxo IgG positif & IgM positif, kemudian dokter menganjurkan istri saya cek toxo IgG Avidity dan hasilnya 93%, kata dokter istri saya tidak usah khawatir dan tidak usah minum obat tokso.. Tetapi saya masih sangat khawatir..
    Menurut dokter bagaimana apakah benar saya tidak usah khawatir dengan tokso istri saya?.. Mohonpenjelasannya dan petunjuknya Dok..
    Terima kasih Dok..

    Dari,
    Effendy

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

  12. Jimmy says:

    Dok saya mau tanya kalau kemarin saya periksa anti alergi dan toxplasma di lab hasil nya kata nya saya postif toxosplasma dan apah msh bsa untk donor ginjal saya karna adik saya sangat bth dok dan saya priksa hla abc dan hla dr tpy hsl nya msh lama dok saya kshn melihat adik saya apa ada cara yg lain dok untk bsa donor ginjal saya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat sore,

      Bagaimana keadaan adik Pak Jimmy? Apakah baik? Saya sangat mengharapkan beliau dalam keadaan baik sekarang ini.

      Untuk Hla sendiri merupakan pemeriksaan yang wajib dilakukan pada seorang donor dan yang akan menerima donor, ini berhubungan dengan apakah ginjal tersebut akan sesuai dan tidak ditolak tubuh ketika dimasukan ke dalam tubuh si penerima.

      Untuk infeksi toxo sendiri, menjadi pertimbangan dokter yang bersangkutan untuk tetap melakukan pendonoran / tidak karena tentunya resikonya pasien akan turut tertular infeksi tersebut setelah menerima ginjal penderita toxo. Pertimbangannya tentunya melihat dari seberapa parah keadaan pasien, tingkat infeksinya sendiri,dan apakah operasi menjadi option yang benar-benar harus cepat dilakukan, dan pertimbangan lainnya.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. SaLMaSaLMa says:

    Dokk.. ToXo itu bisa tertular dari bulu kucing ?? dan katanya ToXo bisa membuat kemandulan ?? appa itu benar,dok ?? saya takut sekali karena saya punya kucing & sngat suka.. jadi saya prlu tnya ini.. mhon dijawab sgera krna saya sngat takut.. trima kasih.. Gomawoo.. ^^
    -salma-
    semarang,10 oktober 2012

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,

      toxoplasma dgn IgM positif (yang masih aktif) memang bisa menyebabkan keguguran/ cacat janin, namun tidak berhubungan dgn sulit hamil. Ada baiknya melakukan pemeriksaan dulu sebelum memutuskan apabila ingin hamil.

      Kucing dapat menularkan penyakit zoonosis (termasuk toxo) kepada manusai. Untuk memelihara kucing, meskipun tidak berhubungan dengan kemandulan namun disarankan untuk tidak memeliharanya kecuali bila kucing tersebut bersertifikat dan sudah dilakukan imunisasi kepadanya.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. Henny says:

    Salam sejahtera.
    Dok, saya mau tanya apakah perlu diteruskan mengkonsumsi obat toxo dimana awalnya saya di beri obat toxo dengan nama rovamisin lalu saya ganti menjadi spirasin krn obat awal terlalu mahal jadi saya ganti yg generik dan setelah umur kehamilan 18 bulan Puji Tuhan hasil IgG Toxo menjadi negatif dan bersisa 0,04 dimana awal periksa IgG Toxo sebesar 0.96.
    Sekarang di usia kehamilan 24 bulan saya periksa lagi dan Puji Tuhan IgG nya sudah benar-benar bersih,sudah negatif dan tanpa sisa.Apakah boleh saya teruskan minum obatnya?terima kasih banyak Dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang dan salam sejahtera,

      IGg menandakan pernah terjadi infeksi di masa lalu dan tidak lagi aktif. Namun pada ibu hamil tetap dikhawatirkan karena infeksi ini berhubungan dengan pertumbuhan otak anak dalam masa janin.

      Untuk pengobatan ibu sendiri karena sudah dinyatakan negatif maka sudah dapat melakukan penghentian terhadap terapi ibu tersebut.

      Untuk penghentian sendiri sebaiknya berkonsultasi ulang dengan dokter yang memberi terapi tersebut dan sekaligus memeriksakan kandungan ibu.

      Semoga ibu dan anak dalam kandungan ibu selalu sehat

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. LV says:

    Dr. Nellyn,
    Bisa beri rekomendasi ke dokter mana yang spesialis dalam menangani penyakit toxoplasma, terutama untuk penderita HIV?
    Makasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Untuk dokter spesialis yang memang merupakan ahli dibidangnya adalah dokter spesialis penyakit dalam dengan sub spesialisasi bagian infeksi.

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. sonya says:

    dok saya mau nanya… bagaiman penyembuhan seorang bayi yang berumur 6 bulan yang mengida virus tokso? dokter apa yang harus menanganni dan seberapa besar kemungkinan sembuh. ,makasih?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Sebaiknya anak ibu tetap dibawa terlebih dahulu ke dokter spesialis anak. Untuk berapa persen sembuh bergantung kepada keadaan anak itu sendiri, gejala apa yang muncul pada anak ibu? bila gejala ringan tentunya prognosis kesembuhan akan jauh lebih baik dari pada yang menimbulkan gejala berat terutama bila bersifat kongenital.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. gytha says:

    Dok.saya terkena virus tokso plasma pd bagian mata saya.dan itu
    Sangat mengganggu penglihatan saya dok,seperti ad bayang hit
    Am pd mata,jika saya melihat ada sebagian yg tidak terlihat.
    Apakah mata saya bisa sembuh dok..??dan obat ap yg bagus untuk
    Mata saya??terima kasih dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. nala says:

    Dok saya ingin merencanakan kehamilan setelah keguguran usia 7 bulan. Kemarin melakukan tes dengan hasil
    Igg tokso negatif titer 0,939
    Ign tokso negatif indeks 0,870
    Igg rubella negatif titer 2,138
    Igm rubella negatif indeks 0,525
    Igg hsv 2 megatif indeks 1,6
    Igm hsv 2 negatif indeks 0,86
    Igg smv negatif indeks 0,641
    Igm cmv positif indeks 1,773
    Untuk yg igm cmv positif 1,773 berbahayakah dok? Terus saya harus terapi apa terima kasih?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. sekar says:

    dok bagaimana dengan titer igg cmv positif >800,berbahaya tdk ya dok jk saya hamil?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0