Torsio Testis – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

torsio testis-doktersehat

Torsio testis adalah kejadian di mana testikel terpelintir sehingga menyebabkan suplai darah menuju skrotum (kantung zakar) terhambat. Terhambatnya aliran darah membuat pasien merasakan nyeri teramat sangat. Jaringan testis tidak dapat bertahan tanpa adanya aliran darah. Torsio atau putaran testis merupakan penyebab tersering seseorang kehilangan testis ketika dewasa.

Penyebab Torsio Testis

Sebagian besar kasus torsio testis terjadi karena kelainan bentuk bell clapper, kelainan anatomi yang bisa dialami beberapa laki-laki. Kondisi anatomi ini memungkinkan korda spermatika untuk memutar lebih mudah, yang berefek pada suplai darah ke testis. Hal ini dapat terjadi secara spontan atau mungkin terkait dengan trauma. Tidak ada cara untuk mendeteksi kelainan ini. Sejumlah besar laki-laki yang memiliki kelainan anatomi ini akan memilikinya di kedua testis.

Gejala Torsio Testis

Torsio testis ditandai dengan sakit luar biasa testis satu sisi disertai dengan pembengkakan tiba-tiba. Karena struktur korda spermatika terpelintir, testis ikut terangkat sehingga menyebabkan rasa sakit seperti tertarik. Pasien dapat mengalami mual dan muntah. Selain itu, jika pasien memiliki riwayat penyakit testis sebelumnya, pasien mungkin mengalami sakit perut.

Torsio testis terlihat paling sering terjadi pada kelompok usia 12-18 tahun, dan sebagian besar kasus terjadi pada pria di bawah usia 30 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan torsio testis dapat terjadi pada semua usia termasuk bayi yang baru lahir.

Kapan Anda harus mencari perawatan medis?

Pembengkakan testis dan nyeri testis secara mendadak harus dievaluasi. Evaluasi sebaiknya dilakukan di ruang gawat darurat, di mana pencitraan yang cepat tersedia dan ada akses cepat ke intervensi bedah. Ada waktu sekitar enam jam (window period) untuk penyelamatan testis. Perawatan bedah dalam jangka waktu ini dikaitkan dengan tingkat penyelamatan 100% testis. Setelah enam jam, tingkat keselamatan testis akan menurun dan jika operasi perbaikan dilakukan setelah 24 jam, testis tidak lagi diselamatkan.

Oleh karena itu, Anda harus segera memberitahu dokter untuk segera dilakukan evaluasi. Langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah berkunjung ke ahli urologi.

 

Torsio testis – Halaman Selanjutnya: 1 2