TORCH Tidak Hanya Menginfeksi Ibu Hamil

Doktersehat.com – Memiliki anak yang sehat pastilah menjadi dambaan tiap orangtua. Oleh karena itu, pada saat kehamilan calon ibu harus benar-benar menjaga kesehatannya maupun kesehatan janin dalam kandungan. Jika ibu lalai dalam menjaga kesehatannya hal ini akan berdampak buruk bagi janin.



TORCH merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi ibu hamil. TORCH merupakan singkatan dari berbagai penyakit turunan yang terdiri dari berbagai virus yakni: Toxoplasmosis, Other Infections (Hepatitis B, Sifilis, Varicella-Zoster Virus, HIV, dan Parvovirus B19), Rubella atau Campak Jerman, Cytomegalovirus atau disebut juga virus herpes manusia 5, dan Herpes simplek virus.

Toksoplasmosis sering juga disebut dengan  virus kucing. Penyebab penyakit ini adalah parasit yang berkembangbiak pada kucing atau anjing. Virus ini biasanya terdapat pada kotoran kucing atau anjing yang secara tidak langsung termakan oleh manusia yang menyebar melalui makanan yang dihinggapi lalat maupun hewan lain yang mencemari makanan Anda. Selain itu, kesalahan saat memasak juga dapat menyebarkan virus ini. Memasak daging atau sayur setengah matang juga dapat menularkan virus ini. Ibu hamil yang terinfeksi virus ini akan menularkannya pada janin. Sehingga kemungkinan janin mengalami kelainan seperti epilepsi atau autisme. Bahkan virus ini juga  dapat mengakibatkan keguguran pada ibu hamil.

Penyakit Rubela tidak menimbulkan kematian pada janin namun janin yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami kelainan seperti bibir sumbing, pengapuran pada otak, tuli, buta, dan tidak bisa berbicara. Seseorang yang terinfeksi Rubela biasanya menunjukkan gejala seperti pembengkakan getah bening, ruam, demam, serta nyeri otot. Penyakit ini dapat menular melalui udara, hubungan intim, keringat, serta darah.

Cytomegalovirus dapat menyebabkan ibu  hamil mengalami keguguran secra terus-menerus atau bayi akan terlahir dalam kondisi cacat. Seperti Hidrosefalus, microsefalus, usus yang berada di luar tubuh, atau pembengkokan pada kaki dan tangan.

Baca Juga:  Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil, Amankah?

Ibu hamil yang terinfeksi virus Herpes Simpleks biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada alat genital atau vagina. Virus ini dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada bayi yang dilahirkan.

TORCH tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, setiap orang dari berbagai usia dapat mengalami penyakit berbahaya ini. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Melakukan  pemeriksaan rutin ke dokter untuk memastikan ada tidaknya TORCH dalam tubuh Anda.

Toksolasmosis memang tidak menular namun Rubela, Cytomegalovirus, dan Herpes Simpleks dapat menular. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menjaga kebersihan tubuh, jaga jarak dengan penderita TORCH agar tidak tertular, dan jangan konsumsi daging yang belum benar-benar matang.

Sumber: kumpulan.info