Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? – Tips yang Perlu Diikuti

DokterSehat.Com– Beberapa tips yang perlu diikuti dalam menyikapi diagnosis kanker antara lain:

doktersehat-tremor-esensial-gangguan-kepribadian-ambang-tangan

1. Akui keseriusan diagnosis Anda

  • Anda perlu mengetahui diagnosis Anda. Karena jika Anda bisa melihat musuh, dan Anda yakin untuk memberi nama musuh Anda adalah musuh, Anda bisa melawannya dengan lebih baik. Jadi jika Anda merasa nyaman melakukannya, mintalah kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan sinar-X, CT-scan, mammogram, pemindaian tulang, dan MRI.
  • Cari tahu dengan tepat jenis kanker yang Anda miliki, stadium kanker Anda, dan apakah sudah menyebar.

2. Luangkan waktu untuk mengambil yang terbaik

  • Diagnosis kanker sangat menghancurkan hidup Anda. Kata-kata “Anda menderita kanker” menguasai indra penilaian dan penalaran kita. Jadi luangkan waktu untuk memikirkan tindakan Anda sebelum Anda segera melakukan perawatan.
  • Pada saat kanker telah terdeteksi pada sinar-X, sebenarnya kanker telah hadir selama sekitar 5 tahun. Hanya saja, sebelumnya, kanker terlalu kecil untuk dideteksi. Pada saat mammogram menunjukkan kanker payudara, sebenarnya kanker tersebut telah ada selama sekitar 5 tahun. Oleh karena itu, tidak ada urgensi untuk segera melakukan perawatan dalam satu atau dua hari diagnosis. Kita perlu mengingat bahwa banyak pilihan pengobatan tidak dapat dibalik. Misalnya, operasi pengangkatan payudara bisa menjadi prosedur utama yang berdampak pada tubuh Anda. Luangkan waktu Anda untuk bertanya dan memahami pilihan Anda.
  • Seperti kebanyakan situasi dalam hidup, jawaban pertama adalah yang terbaik. Hal yang sama berlaku untuk kanker. Jika jenis perawatan pertama tidak bekerja, orang tersebut biasanya lebih lemah dan lebih sakit, sehingga keberhasilan pengobatan kedua tetap rendah. Tidak nol Tapi rendah.

3. Pahami pilihan pengobatan Anda

  • Secara umum, Anda mungkin ditawari 1 dari 4 strategi atau kombinasi: operasi, terapi radiasi, terapi biologis, atau kemoterapi. Pastikan Anda mengerti apakah kanker berpotensi disembuhkan atau tidak. Pahami perbedaan antara pernyataan: “Kanker cukup baik untuk dapat dioperasi” versus “Apakah kanker tampaknya dapat diambil atau tidak”. Pernyataan yang pertama berarti kanker mampu berprospek baik dengan operasi. Pernyataan kedua tentang kanker dapat diambil berarti ahli bedah percaya bahwa prosedur operasi tersebut dapat menyingkirkan tumor, namun Jika tumor tidak bisa dilepas sepenuhnya, jika tumor tertinggal, prospeknya dapat sangat serius. Dalam arti tertentu, semua pasien dapat menjalani operasi, namun jika kanker tersebut dinyatakan tampaknya tidak dapat diambil sebelum operasi, atau pada saat operasi tidak dapat dihapus secara keseluruhan, operasi mungkin tidak akan memberikan banyak manfaat.
  • Tanyakan kepada dokter tentang pro dan kontra dari teknik yang kurang invasif. Sebagai contoh, satu generasi yang lalu, wanita dengan kanker payudara diobati dengan mastektomi radikal dan seluruh otot dada dan dinding dada diangkat. Saat ini, pengangkatan sejumlah kecil jaringan payudara kira-kira seukuran beberapa batu gula yang diikuti oleh radiasi dan kemoterapi memberikan hasil yang sama atau lebih baik daripada perawatan yang lebih agresif.
  • Ketahui tentang semua jenis kemoterapi jika pasien direkomendasikan untuk melakukannya dan Anda memilih untuk menerimanya. Cari tahu nama obat-obatan, efek sampingnya, dan bagaimana obat diberikan, misalnya secara oral melalui pil, dengan infus, atau pil di bawah lidah. Secara umum, kemoterapi dapat menjadi toksik dengan efek samping yang signifikan. Sebaiknya Anda tahu lebih dahulu tentang: Manfaat apa yang saya dapatkan dengan kemoterapi? Apa maksud dari kemoterapi? Berapa biayanya yang akan habis dari segi efek samping?
  • Dokter dapat menyatakan bahwa kelangsungan hidup meningkat sebesar 50% dengan penggunaan kemoterapi. Sekarang, kabar buruk: Jika kelangsungan hidup meningkat dari 2 – 4 bulan, namun 8 minggu yang tersisa terkait dengan mual, muntah, lemah, dan kelelahan, kemoterapi bisa jadi bukan tawaran yang bagus. Cari tahu dengan tepat apa manfaat dan kerugian kemoterapi. Tidak setiap pasien mendapat manfaat dari kemoterapi, tapi semua pasien bisa mendapat efek samping. Tawaran dua kali lipat dari kelangsungan hidup yang Anda harapkan hanya akan terjadi jika Anda mendapatkan keuntungan dari pengobatan. Tanyakan apa kemungkinan manfaatnya. Akankah rasa sakit Anda menjadi lebih baik, atau apakah hanya menyusutkan kanker sebentar?
  • Masih ada strategi lain, dan itu tidak melakukan apa-apa. Bagi sebagian orang, ini mungkin pilihan terbaik. Terkadang, kita dapat secara aktif dan agresif mengamati pasien untuk mendeteksi indikasi halus bahwa kanker memburuk. Kanker prostat adalah contohnya. Beberapa sel mungkin tidak aktif selama bertahun-tahun, dan pengobatannya mungkin lebih buruk daripada perjalanan penyakitnya itu sendiri. Dalam beberapa kasus, menunggu dan waspada adalah pilihan yang masuk akal untuk dipertimbangkan.
Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4