Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? – Tips yang Perlu Diikuti (lanjutan)

DokterSehat.Com– Beberapa tips yang perlu diikuti dalam menyikapi diagnosis kanker antara lain (lanjutan):

doktersehat-tremor-esensial-gangguan-kepribadian-ambang-tangan

4. Pengetahuan adalah obat yang ampuh

  • Pelajari bahasa kanker. Pahami penyakit Anda, dan Anda akan menjadi pasangan sejati dalam perawatan Anda.
  • Internet telah memberi orang akses ke puluhan ribu situs web yang secara khusus berfokus pada masalah kesehatan. Informasi di Internet bisa menjadi teman terbaik Anda atau musuh terburuk Anda. Sebagai sekutu, gunakan informasi dari sumber medis tepercaya untuk menjadikan diri Anda orang terpandai yang pernah ditangani dokter Anda. Waspadalah terhadap situs yang disponsori oleh perusahaan yang ingin menjual produk atau obat-obatan kepada Anda. Akses situs Web yang tercantum di bagian selanjutnya untuk informasi lebih lanjut. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan alat ini, teman dan keluarga pasti bisa membantu. Hati-hati dengan papan pesan. Orang dengan jenis kanker yang sama dengan Anda, pada stadium yang sama, dan pada usia yang sama dapat memiliki respon yang sangat berbeda terhadap pengobatan yang sama. Percayalah pada dokter Anda, ingatlah bahwa setiap orang berbeda

5. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

  • Buat hubungan yang setara antara Anda dan dokter ahli onkologi Anda (spesialis kanker Anda). Jangan menyerah atau hanya mengikuti keputusan medis yang dibuat oleh orang lain. Anda sedang bekerjasama dengan dokter untuk melawan musuh (penyakit Anda) dengan harapan bisa mencapai 1 dari 3 tujuan: penyembuhan, waktu berkualitas, atau gejala yang menurun. Mintalah keluarga dan teman Anda untuk mendapat dukungan
  • Ingatlah bahwa Anda harus bersikap tegas dalam keputusan pengobatan. Bicaralah. Ikut terlibat. Ini hidup Anda sendiri.
  • Jangan terlalu banyak bertanya pada dokter apa yang akan dia lakukan dalam situasi yang sama.

6. Mintalah pendapat kedua

  • Jangan malu. Sadari pentingnya pendapat kedua. Tidak ada institusi tunggal dan tidak ada dokter yang bisa memiliki informasi lengkap tentang semua jenis kanker. Sebagai profesional, mereka seharusnya tidak tersinggung jika Anda ingin mencari pendapat kedua. Tindakan mencari pendapat kedua kini lumrah untuk dilakukan.
  • Jika pusat kanker atau universitas memiliki keahlian khusus dalam kanker Anda, tentu saja masuk akal untuk mencari pendapat kedua di sana. Hampir tidak akan pernah dokter setempat tersinggung. Kelompok pendukung di kota tempat pusat kesehatan berada atau kelompok bonafide di Internet dapat memberi nama dokter ahli lokal. Hubungi satu dokter dengan dukungan dokter Anda sendiri.
Baca Juga:  Sekilas Tentang Penyakit Kanker

7. Hidup terus berlanjut

  • Jangan sampai sisa hidup Anda menjadi tidak bermanfaat saat Anda menghadapi kanker. Pahami bahwa Anda memiliki begitu banyak energi, dan energi ini perlu dibagi untuk tidak sekedar menangani kanker tetapi juga membayar tanggungan-tanggungan yang masih ada dan memperhatikan tugas biasa sehari-hari. Hidup saat Anda sehat adalah pekerjaan penuh waktu. Jadilah realistis. Lebih santai dan manusiawi dalam menghadapi hari-hari setelah kanker terdiagnosis.
  • Tidak ada yang bisa menghadapi beban sendiri, dan sekaranglah saatnya untuk menjangkau dan mencari pertolongan dari teman dan tetangga. Akui pentingnya sistem pendukung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa teman, keluarga, kolega, dan bahkan hewan peliharaan dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang yang sakit-dan dengan begitu meningkatkan kelangsungan hidup, walaupun masih kontroversial. Seorang teman bisa menjadi jangkar selama beberapa kali badai. Jangan abaikan sumber daya kelompok agama Anda, jika Anda memilikinya.

8. Jangan melihat ke belakang dengan marah atau menyesal

  • Energi perlu difokuskan pada hari ini dan bukan pada kejadian masa lalu. Dengan sedih atau marah untuk mengulangi tes diagnostik atau perawatan yang tidak efektif, tidak akan mengubah situasi. Kita tidak bisa mengubah masa lalu, hanya masa depan. Setelah diagnosis kanker, semuanya justru menjadi sangat jernih. Hubungan, prioritas hidup, apa saja yang perlu dilakukan, menjadi suatu agenda yang wajib dilakukan.
  • Nikmati setiap kesempatan. Hari ini benar-benar kita miliki dan kita jalani dengan baik asal kita menikmatinya.
Bagaimana Menyikapi Diagnosis Kanker? –
1 2 3 4