Tips Untuk Mengantisipasi Stress Penyebab Asam Urat

DokterSehat.Com – Benarkah stress penyebab penyakit asam urat? untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini. Asam urat atau gout merupakan penyakit yang sering menyerang sendi dan tendon tubuh manusia, sehingga menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Rasa sakit tersebut di akibatkan oleh timbunan kristal asam urat pada sendi. Sendi-sendi yang menjadi tempat mengkristalnya asam urat umumnya akan mengalami pembengkakan, mengkilap, terasa panas, dan berwarna semu merah. Sendi-sendi yang sering terserang, diantaranya jempol kaki, pergelangan kaki, jari kaki, lutut, tangan, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

10

Tentunya anda tidak ingin apabila terserang penyakit asam urat, karena apabila anda terkena penyakit ini rasanya sungguh nyeri tak tertahankan.

Asam urat rentan mengalami peningkatan, apabila berkaitan dengan faktor dari luar, yaitu asupan makanan dan stres. Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Zat purin merupakan kandungan alamiah dari bahan makanan, yang normal ada dalam tubuh manusia. Namun apabila jumlahnya berlebihan, maka akan memicu timbulnya penimbunan kristal asam urat pada sendi yang menjadi penyebab penyakit asam urat.

Selain makanan, stres pun menjadi salah satu pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh seseorang. Hubungan stres yang sangat tinggi dengan penyakit asam urat ditengarai saling mempengaruhi. Kombinasi antara gaya hidup yang buruk dengan tingginya stres menjadi penyebab yang cukup signifikan bagi kambuhnya penyakit asam urat. Stress merupakan suatu kondisi dimana tubuh memberikan respon berlebih terhadap kondisi lingkungan baik yang bersifat fisik maupun psikis, sehingga secara otomatis akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang berakibat pada meningkatnya asam lambung dan kadar asam urat.

Baca Juga:  Dokter Bambang Karsono

Maka dari itu mulai dari sekarang segeralah ubah gaya hidup anda, jangan terlalu banyak memakan makanan yang mengandung zat purin dan jangan terlalu stress, karena itu juga merupakan salah satu faktor meningkatnya asam urat.

Berikut ada beberapa cara mengawal stres penyebab asam urat :

  • Istirahat yang cukup
  • Jalani kegiatan yang rileks dan menenangkan
  • Lakukan pola hidup sehat