Tips-Tips Sederhana Mencegah Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa adalah kanker payudara. Tentu kita sudah cukup sering mendengar korban dari penyakit ini yang pada akhirnya harus meregang nyawa. Pakar kesehatan sendiri sudah meminta kaum hawa untuk menjaga gaya hidup yang sehat untuk mencegah munculnya penyakit ini. Selain itu, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan kaum hawa dalam menekan resiko terkena kanker payudara. Apa sajakah tips-tips tersebut?

doktersehat-kanker-payudara-breast-cancer

Tips pertama yang bisa dilakukan dalam melawan munculnya kanker payudara dalah dengan memperhatikan durasi penggunaan bra setiap harinya. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak memakainya terlalu lama, yakni sebaiknya hanya kurang dari 12 jam dalam sehari. Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam dalam sehari memiliki resiko 3 kali lebih besar untuk terkena kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang hanya memakai bra kurang dari 12 jam. Terlalu lama memakai bra ternyata bisa membuat aliran limfa pada jaringan payudara terhambat sehingga proses pembersihan alami pada sel-sel yang beresiko memicu sel kanker pun tidak akan berjalan dengan lancar. Beberapa pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika wanita yang tak memakai bra biasanya memiliki resiko paling rendah untuk terkena kanker payudara.

Berolahraga dengan rutin juga akan menurunkan resiko kanker payudara dengan sangat signifikan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of South Carolina menyebutkan jika dengan berolahraga akan membuat sirkulasi oksigen menjadi lebih lancar sehingga sel-sel darah pun lebih baik dalam mengeluarkan racun penyebab kanker dari tubuh.

Memperhatikan konsumsi makanan juga menjadi kunci untuk mencegah munculnya kanker payudara. Wanita harus mencukupi kebutuhan asupan vitamin D nya setiap hari mengingat vitamin ini mampu menghasilkan semacam protein yang mencegah berkembangnya sel-sel kanker payudara. Selain itu, perbanyaklah konsumsi sayuran layaknya kol dan brokoli agar kadar estrogen di dalam tubuh tidak terlalu banyak sehingga pertumbuhan tumor pun bisa dicegah.