Tips Tidur Berkualitas Saat Hamil

DokterSehat.com – Perubahan tubuh saat hamil membuat kebanyakan ibu merasa kurang nyaman dan kurang nyenyak saat tidur. Padahal kualitas tidur ibu hamil berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini tips untuk ibu hamil supaya bisa tidur dengan nyenyak:



1. Jangan makan camilan saat larut malam

Makan camilan larut malam dapat membuat ibu hamil terjaga lebih lama dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Usahakan untuk makan 2 jam sebelum tidur agar tidak terjadi refluks asam atau mulas.

2. Gunakan bantal tambahan

Bantal tambahan berfungsi untuk menopang kepala dan tubuh bagian atas hingga beberapa inci. Posisi ini memungkinkan gravitasi guna mengurangi tekanan pada diafragma dan membantu memudahkan pernapasan saat wanita hamil tidur.

3. Kurangi aktivitas sebelum pergi tidur

Sebaiknya hindari aktivitas yang berat sebelum tidur, misalnya membersihkan rumah. Istirahatlah sejenak dengan duduk santai, hindari kebisingan atau sumber cahaya beberapa menit sebelum   tidur.

4. Tidur dengan posisi menyamping

Tidur dengan posisi menymping bisa mengurangi tekanan pada rahim dan memperbaiki pernapasan ibu hamil. Posisi ini juga bisa membantu meringankan sakit punggung.

Menurut American Pregnancy Association, tidur menyamping di sisi kiri dapat membantu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mengalir ke bayi.

5. Luangkan waktu untuk tidur siang

Usahakan untuk tidur siang tiap harinya supaya tubuh tidak terlalu lelah, yang bisa berimbas pada bayi dalam kandungan.  Sebaiknya jangan tidur siang lebih dari 30 menit sebab tidur siang yang lebih lama bisa membuat tubuh memasuki tahap tidur nyenay. Akibatnya, ibu hamil akan sulit bangun dan menimbulkan perasaan grogi.

6. Jangan membawa pekerjaan ke tempat tidur

Baca Juga:  Tips Agar Pembalut Aman Dan Nyaman Dipakai

Jangan melakukan pekerjaan di tempat tidur, seperti menanggapi email dengan laptop. Tubuh perlu mengetahui bahwa tempat tidur adalah tempat khusus untuk beristirahat, sehingga Anda perlu melatihnya.

7. Lakukan hal yang membosankan jika tidak bisa tidur

Melakukan kegiatan yang membosankan bisa membuat Anda mengantuk. Coabalah melipat pakaian atau berjalan di sekitar rumah. Kegiatan ini akan menimbulkan kebosnaan dn akhirnya Anda pun mengantuk.

8. Buatlah tempat tidur lebih nyaman

Tempat tidur yang nyaman dan bersih dapat membantu Anda meraih tidur yang nikmat. Sediakan lebih banyak bantal yang bisa menopang tulang belakang untuk meredakan sakit punggung. Pilihlah kasur yang baik dan memberi dukungan yang nyaman bagi tubuh untuk mencegah sakit otot atau sakit punggung.

9. Atur suhu kamar tidur

Panas tubuh akan meningkat selama kehamilan dan membuat Anda merasa kepanasan sepanjang waktu sehingga tidak bisa tidur. Anda mungkin perlu thermostat untuk mengatur suhu yang paling nyaman untuk tidur.

10. Matikan lampu

Kondisi kamar yang tenang dan gelap akan mengantarkan Anda pada tidur yang berkualitas. Jika Anda ingin menyalakan lampu saat tidur sebaiknya gunakan cahaya yang tidak terlalu terang dan jangan hadapkan sumber cahaya ke arah Anda saat tidur. Cahaya buatan bisa mengganggu tidur alami dan menghambat produksi hormon melatonin yang bisa mengacaukan siklus tidur.