Tips Tidak Mudah Gemuk Meski Duduk Lama di Kantor

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan bahwa duduk di waktu yang lama seperti saat kita hanya malas-malasan menonton televisi atau bekerja di kantor bisa memicu kenaikan berat badan dan berbagai penyakit lainnya. Yang menjadi masalah adalah, kita tentu tidak bisa menghindari kebiasaan duduk di waktu yang lama saat bekerja di kantor, bukan? Lantas, adakah cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah mengalami masalah berat badan?

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan kita melakukan hal-hal berikut ini, kita tidak akan mudah gemuk meskipun duduk lama saat bekerja di kantor.

Selalu menyempatkan diri untuk berjalan-jalan sejenak
Meskipun terlihat sederhana, berjalan ke dapur, ke kamar mandi, sekadar menikmati pemandangan di taman atau halaman ternyata bisa membantu kita mencegah kenaikan berat badan. Setiap 1 atau 2 jam, lakukanlah jalan-jalan sebentar tersebut setidaknya selain 30 detik sembari melakukan peregangan pada tubuh.

Memakai tangga
Jika kantor kita memiliki beberapa lantai, cobalah untuk menaiki tangga setiap kali harus naik turun alih-alih menggunakan elevator. Hal ini akan membuat fisik kita terus terlatih sehingga tidak akan mudah mengalami kenaikan berat badan.

Berolahraga setelah pulang kerja
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berjalan kaki, menggunakan sarana transportasi umum, atau memakai sepeda untuk mencapai tempat kerja karena hal ini akan membuat kita tetap melakukan aktifitas fisik. Jika hal tersebut sulit untuk dilakukan, cobalah untuk menyempatkan diri berolahraga di pusat kebugaran atau melakukan olahraga sederhana seperti berjalan kaki, lari kecil, atau yoga di malam hari setelah pulang kerja.

Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat
Saat sarapan pagi, pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang. Selain itu, hindari camilan atau minuman yang tidak sehat dan kaya gula saat bekerja di kantor dan menggantinya dengan camilan sehat seperti buah-buahan.