Tips Tetap Sehat Saat Liburan di Musim Hujan

DokterSehat.Com– Belakangan ini hujan turun dengan intensitas yang sangat tinggi. Tak hanya membuat matahari jarang muncul, ada banyak bencana di berbagai tempat layaknya banjir, tanah longsor, atau bahkan angin ribut. Hanya saja, masih banyak orang yang ingin berlibur ke berbagai tempat wisata di musim hujan seperti ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap sehat saat liburan di musim hujan.

doktersehat-sakit-hujan-flu

Selalu mengecek prakiraan cuaca
Tak harus menonton televisi atau melihat koran, ada aplikasi di ponsel yang bisa kita gunakan untuk selalu mengecek prakiraan cuaca. Cek pula akun media sosial dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang biasanya selalu memberikan prakiraan cuaca dengan akurat.

Selalu menyediakan payung atau jas hujan
Sediakan payung atau jas hujan agar kita bisa segera memakainya saat hujan tiba. Dengan tidak kehujanan, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit.

Memperhatikan pakaian yang kita bawa
Musim hujan akan membuat suhu udara menjadi lebih dingin. Bawalah beberapa pakaian hangat saat berlibur agar bisa segera kita pakai jika suhu udara terasa sangat dingin. Tak hanya itu, bawalah kantong plastik yang bisa kita jadikan tempat untuk baju basah atau kotor.

Mengunjungi destinasi yang memiliki atap
Jika kita memilih untuk mengunjungi wisata alam seperti pantai atau air terjun, dikhawatirkan kita akan terkena dampak buruk dari cuaca yang sedang tidak menentu seperti belakangan ini. Tak hanya itu, bisa jadi jalanan menjadi lebih licin yang tentu akan membahayakan. Cobalah untuk memilih untuk mengunjungi destinasi wisata yang memiliki atap layaknya museum. Jika tidak, melakukan wisata kuliner juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga:  Tidak Ingin Mudah Jatuh Sakit? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Mengkonsumsi vitamin C
Konsumsilah vitamin C dan suplemen vitamin lainnya agar stamina dan daya tahan tubuh kita tetap terjaga sehingga tidak akan mudah jatuh sakit.