Tips Tetap Fit Selama Puasa

DokterSehat.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia. Selama satu bulan yang istimewa ini, dijanjikan pahala dan berkah yang berlimpah bagi mereka yang menjalankan kewajiban puasa dan memperbanyak ibadah.

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Di Indonesia, rata-rata orang berpuasa selama 14 jam, diawali dengan sahur sebelum waktu subuh dan diakhiri dengan berbuka puasa ketika adzan maghrib berkumandang. Di banyak negara lain, puasa Ramadan bahkan harus dijalani hingga lebih dari 17 jam dalam satu hari. Namun begitu, bukan berarti Anda yang berpuasa memiliki alasan untuk bermalas-malasan, apalagi banyak penelitian yang telah membuktikan banyaknya manfaat puasa Ramadan bagi kesehatan. Berikut ini adalah tips-tips untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar bagi Anda yang menjalankan puasa Ramadan:

  1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka

Sering kita dengar bahwa selama bulan Ramadan, hendaknya kita menahan hawa nafsu. Menahan nafsu untuk makan, tidak hanya dilakukan saat sedang berpuasa, namun juga saat sahur dan berbuka. Dr. Razeen Mahroof dari Oxford mengatakan bahwa makanan sahur hendaknya dapat menyediakan energi selama kita berpuasa. Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi roti, salad, nasi, maupun salad. Sebaliknya, saat berbuka dan makan malam disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar karbohidrat dan lemak yang tinggi, seperti gorengan.

  1. Istirahat yang cukup

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Di Indonesia, umumnya kantor-kantor memberikan kebijakan khusus yaitu jam kerja yang lebih pendek saat bulan Ramadan. Selain perlu dimanfaatkan untuk beribadah, waktu luang setelah pulang kantor dapat Anda untuk beristirahat sebagai persiapan untuk ibadah di malam harinya. Pastikan pula Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum waktu sahur sehingga persiapan puasa Anda lebih optimal.

  1. Perbanyak konsumsi air dan buah-buahan
Baca Juga:  Jangan Biasakan Bayi Ngempeng Jika Tak Ingin Membuatnya Terkena Infeksi Telinga

Minum banyak air saat malam hari dan sahur dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi saat berpuasa, apalagi bila Anda memiliki aktivitas yang padat di siang hari. Kurma dan buah-buahan lain yang mengandung banyak air juga baik dikonsumsi saat sahur untuk mencegah dehidrasi.

  1. Kurangi konsumsi kopi

Masih berkaitan dengan poin 2 dan 3. Konsumsi kopi membuat Anda terjaga lebih lama dan waktu istirahat Anda menjadi berkurang. Ingat, walaupun Anda perlu memperbanyak ibadah saat bulan Ramadan, Anda juga perlu istirahat yang cukup sebagai bekal tenaga untuk beraktivitas di siang hari. Kopi juga bersifat diuretik (membuang air) sehingga tubuh Anda mudah mengalami dehidrasi.

  1. Beraktivitaslah seperti biasa

Seringkali ketika berpuasa Anda menjadi malas beraktivitas. Dengan bermalas-malasan Anda akan merasa waktu berjalan lambat dan hanya menambah rasa lapar. Untuk itu, beraktivitaslah seperti biasa dan habiskan waktu Anda sehingga tanpa terasa tibalah waktu berbuka puasa.

Nah, mudah kan? Semoga tips di atas bermanfaat dan puasa Anda menjadi lebih berkah. Selamat berpuasa bagi yang menjalankan!