Tips Tahapan Untuk Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Jantung adalah sebuah rongga organ berotot yang memompa darah ke pembuluh darah dengan berirama yang berulang. Kesehatan jantung satu hal yang harus Anda perhatikan, dimana penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat mematikan dengan tingkat kematian cuma dalam hitungan perdetik dan tanpa terasa oleh si penderita atau penyakit ini bisa datang secara mendadak tanpa disadari oleh si penderita. Penyakit jantung memang sangat sulit terdeteksi sehingga kerap disebut silent killer.

3

Berikut tips untuk meningkatkan kesehatan jantung juga kndisi kesehatan tubuh secara keseluruhan :

  • Cek tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida
    Dengan mengecek tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida secara rutin akan membantu Anda untuk memilih dari berbagai gaya hidup sehat yang akan Anda jalankan. Dengan melakukan pengecekan secara teratur juga akan membantu Anda mengontrol makanan yang anda konsumsi setiap harinya akan berpengaruh kepada kesehatan jantung anda
  • Jalan kaki
    Tidak hanya akan membuat Anda tampil lebih muda dan sehat akan tetapi ini sangat berpengaruh kepada kesehatan jantung Anda, melakukan rutinitas berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit per hari akan mengurangi risiko kematian dini akibat berbagai masalah kesehatan sampai dengan 50%.
  • Tertawa
    Tertawa merupakan obat terbaik yang tidak memiliki efek samping dan juga banyak pengaruhnya kepada kesehatan jantung Anda juga tentunya. Tertawa selama 15 menit memberikan efek baik bagi kesehatan jantung setara dengan senam aerobik selama 30 menit. Tertawa juga terkait dengan kesehatan pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang dapat memperbaiki mood, serta mengurangi rasa sakit dan kecemasan.
  • Fokus pada lingkar pinggang, bukan berat badan
    Lingkar pinggang Anda mewakili kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Karena jumlah lemak di sekitar pinggang Anda secara langsung berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang akan meningkatkan risiko terserang diabetes dan jantung anda.
  • Utamakan tidur malam berkualitas
    Tidur merupakan kunci dari kondisi tubuh yang baik. Kurang tidur akan berimbas pada berbagai macam masalah kesehatan termasuk kesehatan jantung. Kurang tidur juga akan meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stres, meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme, meredam suasana hati, dan mengurangi fungsi kognitif.
Baca Juga:  Ternyata, Rokok Ikut Menjadi Pemicu Meninggalnya Deddy Dores

Berikut tips pencegahan penyakit jantung :

  • Pola makan yang sehat
    Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Hindari pula makanan dengan kandungan gula tinggi seperti softdrink, misalnya.
  • Berhenti merokok
    Di dalam bungkus rokok sudah dijelaskan bahwa Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Nah ada baiknya kita ikuti saran yang jelas-jelas berguna untuk kesehatan jantung dan paru.
  • Hindari stres
    Stress, ini adalah faktor pencetus berbagai penyakit hinggap di tubuh seseorang, karena jika tubuh Anda stress maka tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku dan akibatnya akan fatal pada kesehatan jantung Anda.
  • Kurangi obesitas atau kegemukan
    Obesitas atau kegemukan mempunyai faktor risiko utama pembesaran atrium jantung kiri. Pembesaran jantung ini nantinya akan meningkatkan detak jantung tidak normal, akibatnya bisa stroke, dan menyebabkan kematian.
  • Olahraga secara teratur
    Olahraga seperti jalan kaki atau jogging dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Dan efek yang dihasilkan akan membuat tubuh kita pun segar dan tidak layu.
  • Konsumsi antioksidan
    Antioksidan Penting untuk Cegah Sakit Jantung. Ini bisa diperoleh dari berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan minum teh.
  • Keturunan
    Jika ada dari kerabat terdekat Anda yang pernah mengalami serangan pernyakit jantung, maka ada baiknya Anda  lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup. Penyakit jantung bukan penyakit keturunan, Tetapi bila ada keluarga (ortu, kakek, nenek,saudara, paman, bibi dsb) yang menderita atau pernah menderita penyakit jantung, kamu memiliki faktor resiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Jadi, perlu diwaspadai.

Nah, yuk kita semua menjaga Kesehatan Janutng kita, karena hal ini amat sangat berguna untuk kelangungan hidup sehat anda tentunya. Mulai dari pola hidup sehat dan pola makan sehat.