Tips Supaya Ibu Hamil Tetap Bisa Travelling

DokterSehat.Com – Berencana melakukan perjalanan jauh dalam waktu dekat ini dalam keadaan hamil? Bisa saja kok! Banyak perempuan hamil yang mengira bahwa masa kehamilan akan mengubah total keseharian dan kehidupan seorang calon ibu, termasuk dalam hal melakukan perjalanan jauh di masa kehamilan.

doktersehat-kehamilan

Berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan para bumil agar tetap bisa travelling tanpa harus membahayakan sang buah hati :

• Vaksinasi
Untuk menjaga tubuh dari serangan virus atau penyakit yang dapat mengancam keselamatan Anda dan buah hati, ada baiknya melakukan vaksinasi. Di beberapa wilayah, seperti Afrika dan beberapa negara tropis, ancaman malaria menjadi ancaman cukup serius untuk bumil.

• Periksa kualitas air, udara, dan makanan
Saat memutuskan untuk berlibur di tengah kehamilan, pastikan tujuan wisata Anda memiliki kualitas air, udara, dan makanan yang baik. Hal tersebut berkaitan dengan asupan gizi yang baik untuk janin Anda.

• Siapkan kebutuhan yang anda butuhkan dan periksa cuaca
Di tengah kondisi Anda yang sedang hamil, pastinya akan banyak kebutuhan. Pastikan kebutuhan Anda tersebut masuk dalam daftar – daftar barang bawaan saat akan berlibur. Selain itu pastikan pula cuaca yang sedang berlangsung di tempat tujuan wisata Anda, untuk menyesuaikan barang apa saja yang akan dibawa. Jangan paksakan diri jika cuaca tidak memungkinkan.

• Jangan terlalu lelah
Pada trimester pertama, kehamilan Anda mungkin tidak terlalu besar sehingga sering lupa diri dalam beraktivitas sehingga yang terjadi adalah kelelahan. Pada masa ini, perhatikanlah beban aktivitas yang Anda lakukan dan jangan sampai terlalu berat sehingga berpengaruh pada kehamilan.

BACA JUGA : Tangan dan Kaki Mengalami Kesemutan Apa Itu Tanda Gejala Kusta?