Tips Membuat Sup yang Super Sehat

doktersehat-tips-sup-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Chris

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi sup? Cara pembuatan sup yang tergolong mudah dan praktis membuat sup kerap menjadi pilihan banyak orang ya. Selain itu berbagai variasi jenis dan isi dalam sup membuat sup semakin memiliki banyak penggemar. Kira-kira, bagaimana sih cara memilih dan membuat sup yang sehat?

Ada cukup banyak cara agar sup yang kita buat menjadi sup yang super sehat. Hal ini dilakukan dengan memerhatikan bahan baku serta bumbu yang digunakan. Beberapa tips sehat dalam membuat sup, adalah:

1. Pilih bahan baku yang masih segar

Menentukan isi sup menjadi salah satu hal yang paling penting. Usahakan memilih bahan baku, baik daging maupun sayuran yang masih baik dan segar.

Pilih bagian daging yang rendah lemak, misalnya daging bagian paha atas atau daging unggas tanpa kulit. Jika menggunakan sayur dari kaleng atau sayuran beku pastikan pilih yang tidak mengandung terlalu banyak kandungan natrium atau sodiumnya, ya.

2. Gunakan kaldu dan bumbu alami

Dibandingkan menggunakan bumbu kaldu kemasan. Kaldu dari bahan alami, misalnya daging segar, bawang-bawangan atau beberapa jenis sayur, bisa menjadi pilihan yang tepat. Kaldu dari bahan alami lebih sehat karena bebas penggunaan bahan tambahan yang kerap tinggi sodium.

Agar sup lebih nikmat usahakan sebisa mungkin menggunakan bumbu atau rempah alami ya, misalnya lada atau bubuk bawang. Hal ini akan efektif menekan penggunaan garam dalam sup yang cenderung digunakan lebih banyak dari masakan metode lainnya.

3. Hindari memilih sup dengan banyak lemak

Sup krim atau sup dengan tambahan santan tidak terlalu dianjurkan untuk dipilih karena kandungan lemaknya yang tinggi. Belum lagi olahan sup dengan banyak lemak kerap disajikan dengan isian protein hewani yang juga cenderung tinggi lemak.

Jadi pilih sup dengan kuah bening dari kaldu hewani alami ya karena kaldu alami sudah memiliki kandungan lemak yang cukup untuk porsi satu kali makan.

4. Tidak memasak sup dengan terlalu banyak air

Saat membuat sup, vitamin larut air akan hilang bersamaan dengan penggunaan media masak yaitu air. Air kuah sup yang terlalu banyak akan menyebabkan vitamin larut air terbuang. Selain itu penggunaan bumbu, misalnya garam, akan menjadi semakin banyak sehingga dapat meningkatkan risiko asupannya berlebihan dalam tubuh.

Untuk itu selalu perkirakan jumlah air dengan banyaknya bahan yang digunakan. Hal ini akan menjaga agar kandungan gizi dalam sup tetap bisa kita konsumsi.

Nah, itu dia cara membuat sup yang super sehat, cukup mudah dilakukan, ‘kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik