Aman, Ibu Hamil Bisa Rutin Minum Teh dengan 3 Tips Mudah Ini

doktersehat-manfaat-teh-bunga
Photo Credit: Pexels.com/ rawpixel.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk penggemar teh? Jika iya, maka kebiasaan ini tentu akan terbawa saat hamil, ya.

Teh sebagai minuman yang paling digemari banyak orang ini, memang tidak hanya enak namun juga kaya manfaat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ibu hamil tidak boleh sembarangan minum teh, lho.

Meskipun telah terbukti memiliki berbagai khasiat, karena kandungan antioksidannya yang tinggi, teh yang dikonsumsi saat hamil haruslah diatur asupannya.

teh-hitam-untuk-merawat-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan kehamilan yang optimal, mengingat teh merupakan salah satu jenis minuman yang umum dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

Lantas, apa saja tips atau cara agar ibu hamil bisa minum teh dengan cara yang sehat?

Bahaya jika ibu hamil asal minum teh

Ibu hamil bisa mendapatkan manfaat maksimal dari konsumsi teh, jika jenis, porsi dan cara penyajiannya tetap di kontrol.

Hal ini sangat penting, karena jika ibu hamil asal mengonsusi teh, akan terjadi beberapa gangguan diantaranya:

  • Asupan kafein berlebihan
    Meskipun tidak sebanyak kopi, nyatanya kafein tetap harus dipertimbangkan jumlahnya pada teh. Hal ini didukung dengan anjuran para ahli agar ibu hamil membatasi asupan kafein hariannya tidak lebih dari 200 mg.Bahaya-anemia-ibu-hamil-janin-doktersehat-1Angka tersebut setara dengan konsumsi teh, jenis teh hitam, sebanyak 1-2 cangkir ukuran 200-230 ml. Nah, jika ibu hamil sering mengonsumsi teh tanpa mengontrol asupan kafeinnya, maka bukan tidak mungkin kafein dalam tubuh ibu jadi berlebihan.Kondisi ini tentu berbahaya mengingat kafein yang tinggi dalam tubuh berpotensi mengganggu kesehatan tekanan darah dan pola tidur ibu hamil.
  • Risiko diabetes saat kehamilan meningkat
    Sebagian besar orang seakan tidak bisa jika tidak minum teh tanpa gula.Hal ini tentu harus dikontrol untuk ibu hamil, karena asupan gula dalam teh, apalagi yang berlebihan dan dikonsumsi secara rutin, akan meningkatkan risiko diabetes saat kehamilan.

Lantas, bagaimana sih cara minum teh yang sehat untuk ibu hamil?

Untuk menghindari bahaya tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi teh dengan beberapa cara, yaitu:

1. Memilih teh jenis herbal

Teh dari daun teh, atau teh non herbal, memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Agar lebih aman,ibu hamil akan lebih baik jika memilih mengonsumsi teh jenis herbal yang bebas kandungan kafein.

Ibu hamil bisa memilih teh bunga rosela, teh jahe, teh daun mint, atau teh dari akar rempah.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetesMengonsumsi teh jenis ini juga bermanfaat karena memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang bisa mendukung optimalisasi kesehatan tubuh.

Jika ibu hamil tetap ingin mengonusmsi teh non herbal, pilih yang kandungan kafeinnya rendah, yaitu teh hijau, ya.

2. Gunakan pemanis alami dan tetap batasi penggunaannya

Agar terhindar dari risiko diabetes saat kehamilan, ibu hamil bisa mengontrol penggunaan pemanis dengan menggunakan pemanis alami. Bubuk kayu manis, madu, sari buah, atau sari kurma bisa jadi pilihan yang super sehat.

bubuk-kayu-manis-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Kandungan gula alami yang ada pada pemanis alami tersebut, mampu memberikan asupan antioksidan dan vitamin yang akan mendukung kesehatan tubuh. Akan tetapi, tetap batasi penggunaannya maksimal 5 sendok makan dalam satu hari, ya.

Perhatikan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak menambahkan banyak bahan pemanis lainnya, misalnya susu kental manis dengan jeli atau permen manis dalam teh, agar penggunaan gula tetap terkontrol.

3. Selalu batasi porsi

Pastikan ibu hamil tidak mengonsumsi teh berlebihan, hal ini juga berlaku meskipun teh yang dipilih adalah jenis herbal.

doktersehat-teh-hitamPastikan teh dikonsumsi paling banyak 3-4 gelas ukuran 200-250 ml setiap hari. Untuk teh hitam, yang kandungan kafeinnya paling tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 2 gelas teh hitam kental setiap harinya.