3 Tips Sehat Agar Konsumsi Permen Tidak Berlebihan

doktersehat-kurangi-permen

DokterSehat.Com– Apakah Anda gemar mengonsumsi permen? Meskipun ukurannya cenderung kecil, namun konsumsi permen berlebihan tentu juga akan memberikan dampak bagi kesehatan lho.

Permen identik dengan rasa yang manis, selain itu permen juga umumnya terbuat dari bahan makanan tambahan buatan seperti pemanis buatan atau pewarna makanan. Gula juga menjadi salah satu bahan baku utama permen.

Hal inilah yang menyebabkan konsumsi permen berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya risiko obesitas hingga diabetes.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja sih tips agar kita tidak mengonsumsi permen secara berlebihan:

1. Selalu batasi porsi dan frekuensi makan permen

Dua hal ini penting diperhatikan agar kita tidak mengonsumsi permen selalu sering. Ukuran permen yang kecil kerap membuat kita kesulitan mengatur porsi dan tingkat keseringan konsumsinya ya.

Lazimnya 3-4 buah permen, ukuran bulat seperti pada umumnya, boleh dikonsumsi dalam satu hari. Hal ini merupakan angka yang aman, dengan mempertimbangkan konsumsi kebiasaan makanan atau minuman manis lain yang juga dimakan dalam satu hari. Jika Anda sudah kecanduan permen, maka terapkan tips ini secara bertahap dulu, ya.

2. Perhatikan kandungan gula pada permen

Membandingkan kandungan gula pada permen satu dengan lainnya bisa menjadi cara sehat untuk mengurangi risiko konsumsi permen yang berlebihan. Selalu pilih permen dengan kandungan gula yang lebih rendah.

Hal ini bisa diketahui dengan memerhatikan label kandungan gizi pada permen yang terdapat pada pembungkus luar permen (bungkusan permen yang mewadahi 20-30 buah permen bungkus kecil).

3. Pilih makanan pengganti permen yang lebih sehat

Meskipun tidak seenak permen, namun ada cukup banyak bahan makanan yang bisa dipilih untuk menggantikan permen lho.

Buah kering manis, seperti kismis atau kurma, dark chocolate, manisan buah segar dengan gula atau yoghurt dengan tambahan potongan buah manis bisa dipilih untuk menggantikan permen. Sama-sama memiliki rasa yang manis namun pemilihan makanan pengganti permen tersebut tentu lebih sehat, kan?