Tips sederhana Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat

DokterSehat.Com – Asam urat sekarang ini telah menjadi sebuah penyakit yang sering kali di alami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun keatas. Namun jangan dikira penyakit ini merupakan penyakit yang ringan lho, karena jika lagi meradang sungguh tidak dapat terbayangkan rasa sakit yang akan dirasakan para penderitanya.

3

Penyakit asam urat terjadi karena pengonsumsian zat purin yang berlebihan. Purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat, namun apabila kadarnya berlebihan, ginjal tidak mampu mengeluarkannya melalui urin. Hal ini pada akhirnya membuat asam urat menumpuk di persendian. Jika penumpukan ini terjadi, maka bagian sendipun akan terasa nyeri, meradang, dan kemudian bengkak. Oleh sebab itu, kita harus pintar-pintar mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh kita.

Untuk mengontrol kadar asam urat sebenarnya tidak terlalu sulit, dan hal itu bisa dimulai dari perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Ada beberapa tips sederhana untuk mengontrol asam urat dalam tubuh, beberapa diantaranya adalah :

  • Makan buah ceri
    Ceri merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dimakan saat anda menderita penyakit asam urat. Buah ceri mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang baik untuk mengontrol asam urat.
  • Perbanyak minum air putih
    Asam urat akan keluar dengan mudahnya melalui urin apabila anda meningkatkan pengonsumsian air putih. Pastikan kebutuhan cairan harian anda terpenuhi dengan baik. Air putih adalah minuman terbaik bagi tubuh.
  • Hindari makanan manis
    Makanan manis memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan hal ini dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari atau kurangilah pengonsumsian makanan tinggi gula dan beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan.
  • Mengonsumsi banyak serat
    Menurut sejumlah penelitian, makanan kaya serat dapat mengendalikan asam urat di dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba tips ini dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran agar kadar asam urat dalam tubuh tetap terjaga normal.