Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

DokterSehat.Com – Insomnia atau kurang tidur kini telah menjadi masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat modern, khususnya yang berusia dewasa. Selain karena tekanan pekerjaan, tuntutan ekonomi hingga masalah lainnya memang akan membuat kita mudah untuk sulit untuk tidur. Padahal, dengan adanya masalah insomnia ini, kita akan mengalami penurunan kualitas tidur dan hal ini bisa berimbas pada masalah kesehatan pada tubuh. Bagaimana tidak, tubuh tidak akan secara maksimal melakukan regenerasi sel-sel dan proses detoksifikasi dalam tubuh. Alhasil, kita pun beresiko terkena berbagai macam penyakit. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah insomnia ini? Sebenarnya ada lho tips-tips sederhana yang bisa membuat kita mengatasi masalah ini.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Berikut adalah diantaranya:

  • Pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk melakukan meditasi sebagai salah satu cara sederhana agar lebih baik dalam mengatasi insomnia. Meditasi secara rutin di pagi hari atau sebelum tidur selama 10 hingga 15 menit sebelum tidur akan sefekti menurunkan tingkat stres. Dengan pikiran yang jauh lebih tenang, maka kita pun akan lebih mudah untuk terlelap.
  • Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan menyingirkan atau mematikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Kadangkala kita sulit tidur karena penasaran dengan media sosial atau kerap mendapatkan notifikasi dari ponsel. Kita bisa mengalihkan rasa bosan dari gadget dengan cara membaca buku atau majalah yang bisa membuat kita segera mengantuk dan pada akhirnya tertidur.
  • Mengatur waktu makan malam ternyata bisa mengatasi masalah insomnia. Cobalah untuk makan malam lebih awal, yakni tiga jam sebelum tidur sehingga proses pencernaan sudah melakukan fungsinya dengan sempurna dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam, atau berkadar gula tinggi yang bisa memicu peningkatan asam lambung yang bisa membuat kita sulit untuk terpejam.
  • Jika perlu, gunakan masker mata yang membuat kita lebih cepat terlelap dan tidak terganggu oleh adanya cahaya di malam hari yang bisa memicu masalah tidur.