Tips Praktis Mengatasi Masalah Keringat Berlebihan

DokterSehat.Com – Berkeringat kerap kali dikaitkan dengan tubuh yang berada dalam kondisi sehat, khususnya jika kita banyak berkeringat kala melakukan olahraga. Sayangnya, beberapa orang justru mengeluhkan keringat karena keluar dengan jumlah dan frekuensi yang sangat berlebihan sehingga bisa memicu rasa tidak nyaman dan bau badan yang berlebihan. Selain rasa percaya diri yang menurun, banyak orang yang memiliki keringat berlebih juga akan repot karena harus sering mengganti pakaian karena sudah sangat risih untuk dipakai. Padahal, suhu udara di tanah air yang cenderung hangat tentu akan cukup mudah untuk membuat kita berkeringat, bukan?

doktersehat-bau-badan-keringat-ketiak

Jika kita adalah orang yang cukup mudah berkeringat, ada baiknya kita sering-sering memakai deodoran. Memang, deodoran hanya akan membantu mengurangi bau tidak sedap yang muncul dari area ketiak dan tidak bisa menutupi masalah keringat dan bau badan dari area lain. Namun, deodoran setidaknya akan mengurangi resiko bau badan dan keringat berlebihan di ketiak dengan signifikan. Selain deodoran, kita juga harus memakai trik berupa tidak memakai pakaian yang terang dan cenderung akan mudah memperlihatkan kondisi keringat berlebihan kita. Sebagai contoh, jika kita berkeringat dan memakai baju putih, maka bisa jadi area ketiak kita akan basah kuyup sehingga bisa membuat kepercayaan diri kita menurun drastis.

Masalah keringat yang berlebihan kerap kali dikaitkan para pakar kesehatan dengan berat badan yang berlebihan. Hal ini berarti, jika kita mau menurunkan berat badan kita, maka resiko untuk memproduksi keringat dengan berlebihan pun akan cenderung menurun. Secara logika, mereka yang bertubuh gemuk memang akan kesulitan untuk mendinginkan suhu tubuh sehingga keringat pun cenderung akan lebih mudah keluar. Banyak orang yang berbadan gemuk akan cepat berkeringat meskipun baru melakukan aktifitas ringan.

Baca Juga:  Beginilah Proses Gigi Berlubang Akan Semakin Besar Jika Diabaikan

Meskipun terlihat sepele, minuman berkafein dan makanan yang pedas ternyata juga bisa mempengaruhi produksi keringat. Minuman berkafein layaknya kopi ternyata bisa membuat produksi keringat meningkat. Untuk makanan pedas, tentu sudah bukan rahasia lagi jika kita akan berkeringat jika kita memakannya. Sensasi pedas akan memicu produksi keringat yang sangat banyak sehingga ada baiknya kita menghindarinya jika masih ingin memiliki bau badan yang normal.