Tips Praktis Mengatasi Hidung Tersumbat

DokterSehat.Com – Salah satu gangguan kesehatan yang sangat mudah didapatkan di musim hujan adalah masalah hidung tersumbat. Hidung tersumbat sering kali dikaitkan dengan penyakit pilek, namun, jika masalah hidung tersumbat ini berlangsung cukup lama, bisa jadi anda mengalami infeksi sinus. Hidung tersumbat sendiri akan membuat pernafasan melalui hidung akan susah untuk dilakukan. Kadang kala, kedua lubang hidung bahkan bisa benar-benar tersumbat sehingga kita terpaksa bernafas lewat hidung. Hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh iritasi pada hidung, gejala sakit kelapa cluster, atau bahkan masalah polip dan alergi. Jika anda mengalami hidung tersumbat, anda bisa melakukan beberapa trik berikut untuk melegakan pernafasan.

doktersehat-anak-flu-pilek

  • Jangan Membuang Ingus Secara Paksa
    Sebagian besar orang berpikir jika hidung tersumbat disebabkan karena banyaknya ingus atau lendir di rongga hidung yang menghalangi jalur keluar masuk udara. Kita pun akan sebisa mungkin membuang ingus sekuat-kuatnya agar rongga hidung menjadi lebih lega. Sayangnya, cara ini justru akan membuat sumbatan menjadi semakin parah karena bagian dalam hidung mengalami peradangan yang lebih buruk. Andai anda harus membuang ingus pada hidung, lakukan dengan lembut agar hidung tidak mengalami peradangan. Trik lain membuat hidung menjadi lebih lega adalah dengan menghirup uap air panas. Anda bisa menyediakan semangkuk air panas dan hiruplah uap dari air panas tersebut hingga hidung terasa lebih lega.
  • Naikkan Posisi Kepala
    Tidur dengan hidung tersumbat adalah hal yang sangat menyiksa karena anda tentu akan mengalami kesulitan bernafas saat berbaring. Untuk membuat rongga hidung menjadi lebih lega, kita sebaiknya memakai bantal lebih tinggi dari biasanya. Dua buah bantal bisa kita tempatkan di bawah kepala sehingga posisi kepala menjadi lebih tinggi. Cara ini akan membuat sistem pernafasan menjadi lebih lega di waktu tidur.
  • Naikkan Suhu Pada Area Hidung
    Cara lain untuk melegakan rongga hidung yang tersumbat adalah dengan memberikan kompres air hangat pada area hidung. Gunakan handuk kecil yang telah dibasahi air hangat dan tempelkan pada hidung dan kedua belah pipi saat anda berbaring. Cara ini bisa membuat rongga hidung menjadi sedikit lega. Selain itu, kita bisa menghirup minyak angin atau inhaler yang memang dibuat untuk melegakan rongga hidung yang tersumbat. Hawa panas dari inhaler atau minyak angin akan membuat rongga hidung menjadi lebih lancar untuk bernafas.