Tips Praktis Mencegah dan Menangani Bau Kaki Yang Mengganggu

DokterSehat.Com – Bau badan yang biasanya sangat menggangu adalah bau ketiak mengingat hal ini bisa mempengaruhi bau badan secara keseluruhan. Sayangnya, selain bau ketiak, kita jarang merawat bagian tubuh yang lain yang ternyata juga bisa memberikan bau yang tidak enak. Area tubuh tersebut adalah kaki. Anda tentu sering mendengar orang yang mengalami masalah besar pada bau kaki mereka. Setelah membuka sepatu dan kaus kaki, terasalah bau yang sangat menyengat dan bahkan sering kali bisa membuat rasa mual-mual dan pusing. Apa sajakah yang menjadi penyebab bau kaki yang menyengat?

doktersehat-bursitis-nyeri-tumit

Banyak orang yang berkata bahwa bau kaki sangat erat kaitannya dengan kebiasaan memakai sepatu dan kaus kaki seharian. Dengan memakai sepatu dan kaus kaki, kaki pun tertutup dan cenderung terasa panas dan lembab, apalagi jika kita memakai sepatu dan kaus kaki di hari yang panas yang tentu saja membuat kaki menjadi lebih berkeringat dan kelembaban pun meningkat. Kelembaban berlebihan inilah yang menjadi penyebab bau dari kaki menjadi sangat menyengat.

Salah satu kunci menjaga kaki agar tidak berbau tentu saja adalah dengan menjaga kebersihan sepatu dan kaus kaki. Jika kaus kaki terasa lembab dan kotor, jangan ragu untuk mencucinya. Beberapa orang bahkan bisa betah memakai kaus kaki meskipun sudah basah dan lama tidak dicuci, hal ini tentu akan membuat bau kaki menjadi semakin menyengat. Sepatu juga bisa dijemur jika sedang tidak dipakai sehingga baunya tidak begitu menyengat. Jika kita memiliki silica gel atau bubuk soda kue, maka kita bisa menempatkannya di dalam sepatu sehingga sepatu pun tidak akan berbau tajam. Selain itu, kita juga bisa memakai sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga jika kita gunakan, area kaki pun cenderung akan lebih mudah bernafas sehingga tidak terlalu lembab.

Baca Juga:  Berkat Berjalan Kaki Saat Merasa Lapar, Pria Ini Berhasil Menurunkan Berat Badan Hingga 150 Kg

Selain sepatu dan kaus kaki, kita tentu juga harus menjaga kebersihan dari kaki itu sendiri. Selain rajin diusap dengan sabun setiap kali mandi, kita juga sebaiknya menyempatkan waktu untuk merendam kaki pada air hangat bercampur garam atau sabun wangi yang anti bakteri. Trik ini bisa membuat kaki yang bau menjadi lebih baik. Selain itu, perhatikan pula kuku kaki. Jika sudah memanjang dan menjadi sarang dari berbagai kotoran dan bakteri, maka kita tentu harus memotongnya sehingga salah satu sumber dari bau kaki ini bisa dieliminasi.