Tips Praktis Menangani Nyeri Sendi Arthritis/ Rematik

DokterSehat.Com – Persendian yang terasa nyeri tentu akan sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Selain itu, banyak orang yang mengeluhkan kualitas kehidupan mereka menurun jauh dan bahkan bisa membuat waktu istirahat menjadi tidak maksimal karena adanya rasa nyeri sendi. Memang, nyeri sendi termasuk penyakit yang akan cukup sulit untuk disembuhkan, namun, asalkan kita bisa melakukan beberapa penanganan medis yang tepat dan disertai dengan beberapa aksi dukungan, maka masalah nyeri sendi ini pun bisa segera berakhir.

shutterstock_113849278 copy

Pakar kesehatan menyarankan penderita nyeri sendi arthritis untuk melakukan fisioterapi. Dengan melakukan fisioterapi, maka kita pun akan melatih sendi-sendi tubuh untuk bergerak sehingga otot-otot pada persendian pun menjadi semakin terlatih dan kuat. Fisioterapis yang profesional juga akan memberikan pengarahan pada kita akan postur tubuh yang sekiranya cocok bagi kita dan gaya hidup yang akan membuat sendi kita menjadi semakin nyaman. Lakukan terapi dari awal hingga akhir sesuai yang disarankan sehingga masalah nyeri sendi arthritis pun akan segera reda.

Nyeri sendi ternyata berkaitan erat dengan masalah berat badan yang berlebihan. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan penderita nyeri sendi arthritis untuk mengurangi berat badan sehingga beban pada persendian pun akan jauh berkurang yang tentu saja secara tidak langsung akan mengurangi rasa nyeri pada sendi. Hanya saja, kita juga harus melakukan diet sehat untuk memastikan tubuh tetap dalam kondisi yang sehat dan tidak kekurangan asupan apapun. Diet sendiri sebaiknya dilakukan dengan tepat dan bisa membuat nyeri sendiri semakin berkurang. Makanan yang kaya dengan kandungan omega 3 dan anti oksidan layaknya makanan laut, kacang kedelai, walnut, dan buah-buahan lokal layaknya jambu atau jeruk akan membuat penyembuhan nyeri sendi pun bisa dilakukan secara maksimal.

Baca Juga:  Penelitian: Racun Dari Hewan Platipus Diyakini Mampu Menjadi Obat Penyakit Diabetes

Hal terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri sendi adalah dengan melakukan olahraga yang rutin dan tepat. Olahraga bisa membuat persendian menjadi semakin rekat sehingga tulang pun bisa menjadi lebih kuat dalam melakukan banyak aktifitas. Tak perlu olahraga yang berat untuk meringankan nyeri sendi. Olahraga ringan layaknya berjalan kaki, berlari, atau bahkan bersepeda akan sangat baik dalam meringankan nyeri sendi sekaligus menjaga tulang dari masalah osteoporis.