Tips Praktis Cara Mengatasi Bau Kaki

DokterSehat.Com – Bau kaki adalah permasalahan yang banyak dialami oleh masyarakat bukan hanya para lelaki , wanita pun dapat mengalami masalah ini. Bau kaki ini selain membuat tidak nyaman orang orang di sekitar , tapi dapat juga menyebabkan turunnya rasa percaya diri. Sebelum kita membahas mengenai cara untuk mengatasi bau kaki, terlebih dahulu kita kenali penyebab dan bagaimana terjadinya permasalahan bau kaki ini.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Kulit kita memiliki banyak kelenjar keringat, termasuk pada kaki kita. Keringat yang keluar melalui pori pori kulit kita akan mudah menguap apabila lokasi terpapar udara bebas, akan tetapi pada seringkali kita menggunakan sepatu dan kaus kaki dalam waktu yang cukup lama sehingga keringat yang keluar  seharusnya mudah untuk menguap menjadi lebih sulit untuk menguap dan terperangkap di dalam sela sela jari dan di dalam sepatu serta kaos kaki tersebut.  Hal ini akan merangsang bakteri bakteri untuk bersarang disitu sehngga menimbulkan gas gas yang membuat bau kaki menjadi tidak sedap

Berikut tips untuk mengatasi masalah bau kaki:

  1. Pakailah sepatu yang bisa memberikan sirkulasi udara agar didalam tidak lembab dan tidak menimbulkan keringat pada kaki.
  2. Jangan gunakan  kaos kaki yang berbahan nilon, dimana bahan ini terasa panas dan tidak menyerap keringat.
  3. Lumuri dalam kaos kaki dengan tawas bubuk, jika tidak ada boleh menggunakan bubuk kopi murni sebelum dipakai pada kaki.
  4. Jika anda bekerja dikantor, manfaatkan waktu istirahat untuk sejenak melepaskan sepatu.
  5. Cuci kaki anda menggunakan sabun dengan air hangat dan keringkan. Ritual mencuci kaki ini juga lakukan dirumah selepas dari sepatu.
  6. Karena anda bermasalah dengan bau kaki, maka jangan hanya mengandalkan satu sepatu untuk seminggu penuh. Rotasilah sepatu anda sehari sekali sementara yang lainnya dijemur untuk mematikan jamur dan bakteri.

    Jika tips diatas tidak memberikan hasil  dan kaki anda masih berkeringat secara berlebih dengan bau yang luar biasa, hubungilah ahli kesehatan atau dokter.Karena hal itu tidak lazim, bisa jadi diakibatkan oleh masalah kesehatan lain yang lebih serius.