Tips Pola Hidup Sehat Alami

  1. Pilihlah Daging tanpa lemak,makanan berkuah bening,dibarengi mengkonsumsi susu rendah lemak,susu kedelai,putih telur,dan ikan sebagai sumber protein yang tinggi.Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik mengkonsumsi asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. hindari mengkonsumsi jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur.
  2. Hindari makanan yang memakai bahan pengawet, karena dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.
  3. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran,Pilihlah makanan dan minuman yang berwarna putih . Apabila memakai warna Gunakan pewarna dari bahan makanan misal warna coklat, warna tersebut dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Hindari pemakaian saus,kecap,bumbu,dan garam secara berlebihan.
  4. Sebaiknya olahlah makanan dengan cara dikukus,direbus,atau ditumis dengan sedikit minyak, karena cara pengolahan makanan juga dapat mempengaruhi mutu makanan.
  5. Minumlah air putih/mineral ,minimal 8 gelas sehari, hindari minuman yang mengandung alkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh kita
  6. Kemudian yang terakhir jangan lupa, Berolahragalah secara teratur.

 



Oleh Kontributor DokterSehat.com