Tips Pertolongan Pertama Pada Flu Dan Pilek

DokterSehat.Com – Di saat musim pancaroba ini, semakin banyak orang yang terjangkit flu dan pilek. Penularan dapat terjadi ketika mereka menghirup udara dari batuk atau bersin seseorang yang mengidap flu.



Influenza merupakan infeksi saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh virus yang memiliki 3 serotipe, yaitu serotipe A, B dan C. Apabila kita terinfeksi oleh Virus Influenza maka dapat menimbulkan berbagai tanda dan gejala seperti demam, nyeri otot, sakit kepala maupun batuk.

Berikut tips pertolongan pertama pada flu dan pilek :

• Jangan menutup hidung dengan tangan langsung
Hal ini perlu dihindari karena dengan menutup hidung agar tidak menyembur kemana-mana justru akan memudahkan virus menyebar semakin luas. Sebaiknya gunakanlah tissue untuk menutup mulut, kemudian segera buang dan cuci tangan dengan sabun.

• Posisi bantal harus tinggi
Tujuannya untuk membantu agar bisa bernafas lebih lega saat flu, bila perlu gunakan bantal tambahan khususnya bagi kamu yang menderita sinus.

• Mandi air panas
Dengan berendam atau mandi di bawah Shower air panas akan sangat membantu untuk melegahkan saluran pernafasan yang tersumbat (hidung buntu) saat flu.

• Minum madu
Memang Madu mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan kita, salah satunya untuk mengatasi flu dan pilek ini. Hal tersebut telah dibuktikan pada studi yang dilakukan Penn State College, seperti dikutip dari womenshealthmag juga mengatakan bahwa madu telah terbukti sebagai agen antimicrobial dan mengandung antioksidan.

• Makan sup ayam
Sepintas kita tak menyadari apa khasiat dari Sup ayam selain Obat Lapar hehe.. Namun, percayalah sup ayam dapat membantu mencegah penyebaran Virus, dengan menambahkan aneka sayuran yang kaya vitamin C dalam sup dapat membuat metabolisme tubuh juga akan lebih baik.

Baca Juga:  Kurang Pendengaran - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

BACA JUGA : Masturbasi Membuat Sperma Lebih Berkualitas