Tips Pertolongan Pertama Pada Campak

DokterSehat.Com – Campak atau rubeola adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus campak atau virus golongan Paramyxovirus. Campak kerap diwarnai dengan munculnya konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata atau konjungtiva) dan ruam kulit. Justru karena muncul ruam, adakalanya penyakit ini dicurigai sebagai demam berdarah. Bahkan gejalanya juga mirip dengan penyakit-penyakit lainnya seperti campak Jerman.



Seorang anak yang terpapar penyakit campak akan mengalami batuk-batuk sebagai gejala awal. Lalu 1-2 hari kemudian timbul demam tinggi dan turun-naik berkisar 38-40 derajat. Pada saat itu, biasanya muncul bintik-bintik putih seperti Koplik spot di sebelah dalam mulut, dan biasanya bertahan 3-4 hari. Pada kasus tertentu, adakalanya disertai diare. Memasuki hari kelima, demamnya akan tinggi sekali sehingga bercak merah mulai keluar. Bercak merah campak berbeda dengan bercak biang keringat, pasalnya biang keringat tidak disertai demam. Bercak-bercak merah campak muncul secara bertahap dan lambat. Ruam biasanya muncul pertama kali di belakang kuping, leher, dada ke bawah, tangan, kaki lalu ke muka.

Terlepas dari terserang campak atau penyakit lainnya, sebaiknya Anda mengupayakan hal-hal berikut pada si kecil :

• Beri obat penurun panas yang aman untuk anak-anak.

• Banyak makan nutri yang bergizi, untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

• Banyak minum agar tidak dehidrasi.

• Istirahat yang cukup untuk stamina tubuhnya.

• Hindari terpapar angin, dan jauhkan anak atau orang lain untuk mencegah penularan atau tertular penyakit lain.

• Jika masih demam, sebaiknya tidak usah mandi dulu.

• Pastikan secepatnya membawa anak ke dokter agar segera dapat dilakukan tindakan medis atau pengobatan yang tepat.

Campak bila tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan virusnya akan menyerang ke organ tubuh lainnya. Bahkan bisa saja virusnya merambah hingga membuat anak terserang berbagai penyakit lainnya, seperti meningitis dan radang paru. Bila sudah seperti itu, kemungkinan terburuk adalah kematian pada anak. Jadi, mulai sekarang waspadai campak dan penyakit-penyakit lainnya yang banyak dijumpai di musim peralihan dan musim hujan ini.

Baca Juga:  Benjolan Pada Tubuh Tidak Selalu Berbahaya

BACA JUGA : Makan Keju Dan Daging Di Usia 50 Tahun Sebahaya Merokok