Tips Pengobatan Kencing Batu

DokterSehat.Com – Dalam dunia kedokteran, kencing batu atau batu saluran kemih sering juga disamakan dengan batu ginjal. Ini karena dilihat dari asal mula penyakit tersebut, yaitu karena adanya infeksi pada kandung kemih yang terdapat pada ginjal, aliran air seni yang mengandung kalsium terhenti dan lama-kelamaan akan meningkatkan pembentukan batu urin, peningkatan kalsium dalam air seni dan lainnya.

doktersehat-manggis

Pengobatan

Pengobatan kencing batu dengan ekstrak kulit manggis. Manfaat kulit manggis dalam mengatasi penyakit ginjal adalah dengan kandungan antioksidan supernya yang disebut xanthone yang dapat bersifat diuretic.

Dengan mengkonsumsi kulit manggis secara teratur dalam bentuk jus, ekstrak, dsb, dapat meluruhkan sedikit demi sedikit, dan kemudian mengeluarkan batu ginjal dari ginjal melalui urin. Manfaat kulit manggis juga dapat dirasakan karena sifat basanya yang dapat mencegah pembentukan pembesaran ukuran batu ginjal. Urin asam yang menjadi penyebab utama terbentuknya batu ginjal akan dinetralkan oleh xanthone sehingga tidak terjadi pembentukkan batu ginjal.

Manfaat kulit manggis lainnya sebagai antibakteri dan anti inflamasi yang akan memberikan manfaat banyak bagi penderita sakit ginjal. Xanthones akan menghambat terjadinya infeksi pada ginjal dan saluran air seni, serta manfaat lainnya juga dapat meringankan rasa sakit yang dirasakan oleh penderita di daerah pinggang.

Selain itu, daun sirsak juga bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal. Hasil penelitian tersebut adalah dengan ditemukannya beberapa kandungan senyawa aktif yang termasuk ke dalam annonaceous acetogenins. Beberapa senyawa turunan acetogenins yang ditemukan adalah acetogenins muricatocins A, muricatocins B, annonacin A, trans-isoannonacin. Daun sirsak dapat membantu mengeluarkan dan mengikis kristal batu ginjal. Selain itu daun sirsak juga mampu mengembalikan metabolisme tubuh dan melawan sel-sel jahat secara selektif tanpa membunuh sel baik pada tubuh.

Baca Juga:  10 Alasan Wanita tak Bergairah

BACA JUGA : Kanker Lambung