Tips Panjang Umur Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com– Gaya hidup masyarakat modern yang semakin tidak sehat ternyata juga berimbas pada semakin banyaknya jumlah penderita diabetes di dunia. Badan Kesehatan Dunia WHO sendiri menyebutkan bahwa setidaknya ada 422 juta orang dewasa yang mengidap penyakit ini pada tahun 2014 lalu. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan dari penderita diabetes ini tidak akan berumur panjang sebagaimana data pada tahun 2012 yang menyebutkan bahwa 43 persen penderita diabetes tidak akan mampu bertahan hidup hingga usia 70 tahun. Apakah tidak ada cara yang bisa dilakukan penderita diabetes agar bisa tetap panjang umur?

Jenis Obat Untuk Penyakit Diabetes

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa tips agar penderita diabetes bisa panjang umur seperti sebagai berikut.

Rutin mengkonsumsi obat diabetes
Penderita diabetes harus mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter secara teratur dan tidak boleh terlewat sekalipun seumur hidupnya. Jika sampai mereka malas mengkonsumsi obat, maka dikhawatirkan kadar gula darah dalam tubuhnya tidak akan terkendali dan bisa menyebabkan komplikasi mematikan.

Berhati-hati dalam menerapkan pola makan
Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk menerapkan pola makan 3T yang berarti tepat jumlah, tepat jenis, dan tepat jadwal demi menjaga kadar gula dalam darah sekaligus mencegah datangnya komplikasi diabetes. Hal ini berarti, penderita diabetes tidak bisa lagi dengan sembarangan memilih makanan yang bisa dikonsumsi. Mereka harus menghindari makanan manis seperti permen, kue, atau makanan dan minuman yang kaya gula lainnya. Untuk makanan pokok, mereka juga sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan kaya serat seperti nasi merah atau roti gandum. Selain itu, ada baiknya penderita diabetes tidak mengkonsumsi makanan dengan berlebihan dan selalu mengkonsumsinya tepat waktu agar tubuh bisa mengolah makanan dengan baik.

Baca Juga:  Apakah Kandungan Gula Dalam Buah Kurang Baik Bagi Kesehatan?

Berhati-hati dalam memilih alas kaki
Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih alas kaki karena jika hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya resiko terkena luka atau borok yang sulit untuk disembuhkan akibat dari sudah rusaknya saraf pada bagian kaki penderita diabetes. Jika hal ini terjadi, bisa jadi luka ini akan berimbas menjadi amputasi. Pakar kesehatan menyarankan penggunaan alas kaki dengan sol yang cenderung tebal dan menutup punggung kaki dengan sempurna.

Rutin berolahraga
Demi menjaga kadar gula dalam darah, penderita diabetes sangatlah disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Hanya saja, pastikan untuk memakai peralatan olahraga yang sesuai agar tidak mudah terluka.