Penderita Obesitas, Ini Tips Ampuh Turun 45 Kilo

doktersehat-diet-obesitas

DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan bukan menjadi keinginan lagi bagi penderita obesitas, melainkan sebuah keharusan. Tak jarang untuk mencapai berat badan ideal, target berat badan yang harus dicapai oleh penderita obesitas cukup besar yaitu lebih dari 10 kilogram. Lalu, bagaimana cara memperolehnya?

Salah satu hal vital yang harus diperhatikan adalah bisa atau tidaknya suatu diet dijalankan dengan konsisten. Nah, untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa hal kecil yang harus dilakukan penderita obesitas agar berat badannya bisa segera mencapai target.

Dilansir dari WebMD, inilah tips agar penderita obesitas mampu menjalankan diet penurunan berat badan dengan hasil yang lebih optimal:

1. Sarapan dalam porsi yang cukup besar

Ya, ternyata sarapan dalam porsi besar menjadi hal yang patut dilakukan oleh penderita obesitas yang sedang diet. Hal ini dinilai ampuh mengurangi keinginan makanan saat makan siang serta baik jika diimbangi dengan makan malam dalam jumlah yang kecil.

Porsi besar sarapan yang dianjurkan bukan asal ya, sebaiknya pilih bahan dari sayur, buah atau kacang-kacangan untuk ditambahkan dalam porsi sarapan sehingga meningkatkan rasa kenyang.

2. Memilih produk pengganti makanan

Pakar kesehatan Ken Fujioka, menyebutkan bahwa makanan pengganti, misalnya susu bubuk atau snack bar boleh dipertimbangkan oleh penderita obesitas yang sedang diet.

Namun hal ini hanya dianjurkan untuk mengganti satu kali makan utama dan dilakukan dalam 4-6 bulan saja ya.

3. Selalu belanja dan menyediakan berbagai makanan sehat

Sepele tapi hal inilah yang harus dilakukan penderita obesitas yang sedang diet.

Membuat catatan sebelum belanja yang berisi makanan sehat, seperti karbohidrat tinggi serat, yaitu roti gandum utuh atau nasi merah, protein hewani rendah lemak yaitu daging merah tanpa lemak atau daging unggas tanpa kulit, protein nabati tinggi serat yaitu kacang kedelai utuh atau kacang hijau, buah dan sayur segar serta lemak baik yaitu lemak nabati dari biji-bijian.

Menyediakan stok makanan sehat seperti yang telah disebutkan di atas untuk diolah menjadi makanan utama maupun camilan akan mendukung penderita obesitas mencapai tujuan dietnya dengan konsisten, ‘kan?