Tips Mudah Untuk Mengatasi Bau Badan

DokterSehat.Com – Bau badan adalah kombinasi antara keringat dan bakteri biasanya terjadi di ketiak. Walaupun sebenarnya keringat tidak berbau, namun bakteri yang hidup dalam keringat dari tubuh kita adalah yang menyebabkan bau. Keringat biasanya muncul setelah manusia beraktivitas, apalagi aktivitas berat.



Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa bau badan disebabkab oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Keringat dihasilkan dari suatu kelenjar yang ada di dalam tubuh kita yaitu kelenjar accrine dan apocrine. Kedua kelenjartersebut memiliki fungsi / peranan yang berbeda. Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening dan tidak berbau, kelenjar jenis ini sudah diproduksi sejak kita bayi, biasanya keluar di telapak tangan, dahi, dan punggung.

Sedangkan kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan tempat tumbuhnya rambut seperti seperti ketiak, hidung, dan kemaluan. Kelenjar tersebut produksinya akan meningkat terutama pada saat masa -masa pubertas yang mana jika bercampur dengan bakteri, maka akan menimbulkan bau tak sedap yang kemudian disebut dengan bau badan.

Bau badan merupakan masalah yang cukup merepotkan. Membuat orang jadi merasa tak percaya diri dan seringkali dijauhi. Cara mengatasinya bukan hanya menggunakan parfum yang bisa menghilangkan bau badan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau badan Anda :

1. Mandi secara teratur

Bau badan dapat terjadi apabila kita jarang mandi. Akibatnya bakteri dalam tubuh menumpuk. Maka dari itu jika Anda ingin terbebas dari bau badan, alangkah baiknya Anda mandi secara teratur minimal 2 kali sehari.

2. Baking soda

Baking soda atau soda kue bisa difungsikan sebagai deodoran alami yang dapat mencegah timbulnya bau tak sedap di ketiak. Caranya campurkan soda kue dengan beberapa tetes air jeruk lemon dan oleskan di ketiak. Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel atau tea tree oil sebagai pengganti baking soda. Baking soda, lemon dan cuka apel memiliki sifat asam, dan itu berarti ketiganya memiliki pH di bawah 7, mirip dengan pH alami tubuh manusia. Bahan-bahan yang bersifat asam berfungsi menangkal bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan bau tubuh tadi.

3. Konsumsi rempah-rempah

Menurut Every Green Herb, mengonsumsi rempah-rempah yang berbau harum juga bisa mengurangi bau tak sedap di tubuh, lho. Cobalah rajin mengonsumsi rempah daun seperti kemangi, seledri, daun ketumbar, rosemary, dan thyme. Daun beluntas, kenikir, cengkeh, jahe, kunyit, kayu manis, pala, dan mint juga bisa menjadikan bau badan lebih sedap.

Baca Juga:  Batuk Bisa Jadi Tanda Awal Payah Jantung

4. Mentimun

Mentimun selain enak untuk makanan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, potong mentimun secara melintang kemudian oleskan pada ketiak sehabis mandi.

5. Jeruk nipis

Siapkan 3 buah jeruk nipis lalu potong melintang. Kemudian taburi permukaan irisan jeruk nipis tersebut dengan kapur sirih secukupnya. Setelah tercampur lalu oleskan pada ketiak Anda selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap sehabis mandi pagi maupun sore.

6. Klorofil

Menurut Self Growth, klorofil adalah deodoran alami yang bekerja dari dalam tubuh. Klorofil akan membersihkan tubuh dari dalam dan menyingkirkan bau tak sedap secara alami. Anda bisa mendapatkan manfaat klorofil dengan mengonsumsi cairan klorofil dalam kemasan atau dengan memperbanyak makan sayuran hijau dalam keadaan segar.

7. Air putih

Kekurangan cairan juga bisa membuat bau badan jadi tak sedap. Jadi perbanyak konsumsi air mineral. Selain berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, air mineral juga akan membantu proses detoksifikasi.

8. Probiotik

Bau tubuh yang tidak sedap bisa saja disebabkan karena gangguan dalam pencernaan. Untuk itu Anda bisa memperbanyak konsumsi serat. Yogurt yang mengandung bakteri probiotik juga bisa dicoba. Meskipun produk olahan susu sebaiknya memang dikurangi karena dapat merangsang bau tak sedap, tetapi produk susu yang satu ini justru sangat bermanfaat.

9. Cukur ketiak

Rajin mencukur rambut di ketiak juga bisa mengurangi bau tak sedap. Sebab rambut yang tumbuh di area ketiak dan genital bisa membuat keringan dan bakteri terjebak di ketiak.

10. Pakain yang tepat

Gunakanlah pakaian yang dapat membuat tubuh menjadi nyaman yang berbahan kain katun. Hal ini untuk membuat keringat menguap secara alami. Hindarilah pakaian yang terlalu ketat dan sempit yang berbahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak Anda.