Tips Mudah Menjaga Kesehatan Organ Intim Kewanitaan

DokterSehat.Com – Organ vital pada tubuh manusia memang harus selalu mendapatkan perhatian khusus bagi setiap orang. Karena yang namanya organ vital adalah organ yang paling penting. Apabila terjadi gangguan kesehatan pada organ vital seseorang, maka hal tersebut bisa berdampak buruk bagi dirinya sendiri, atau bahkan orang lain.



Dalam menjaga kesehatan organ vital memang tidak mudah untuk dilakukan, karena harus berdasarkan dengan ilmu kesehatan. Khususnya bagi wanita yang menurut hasil penelitian 30% lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, khususnya pada organ vagina. Alat kelamin wanita ini memang memiliki resiko paling tinggi terkena berbagai macam masalah. Maka dari itu,tips menjaga kesehatan kewanitaan bisa sangat membantu.

Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk selalu menjaga kesehatan organ intim kewanitaan :

  • Cuci organ intim
    Ketika Anda menginginkan organ intim yang sehat, pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya dengan mencuci organ intim. Cuci organ intim dengan air yang bersih. Jika Anda berada di toilet umum, pastikan untuk mencuci organ intim dengan air yang mengalir. Hal perlu dilakukan untuk mencegah bakteri pada bak mandi toilet umum bisa menimbulkan masalah pada organ kewanitaan Anda.
  • Jangan gunakan sabun
    Hindari menggunakan sabun saat membersihkan organ intim kewanitaan. Sabun mengandung bahan kimia yang bisa merusak pH dan kadar kelembaban pada Miss V Anda.
  • Penggunaan pantyliner
    Penggunaan pantyliner yang terlalu sering disinyalir mampu mengganggu kadar kelembaban alami organ kewanitaan Anda. Hindari menggunakan pantyliner terlalu sering. Agar organ kewanitaan tetap bersih dan sehat, mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari bisa mengurangi kebiasaan Anda menggunakan pantyliner.
  • Celana ketat
    Menggunakan celana ketat bisa memicu munculnya bakteri dalam organ kewanitaan. Hal ini disinyalir juga bisa menimbulkan kelembaban organ kewanitaan Anda terganggu. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat dan kurang nyaman agar kesehatan organ intim Anda terjaga.
  • Parfum
    Meskipun parfum mampu memberi aroma wangi pada organ kewanitaan Anda. Parfum sangat tidak disarankan untuk digunakan di daerah kewanitaan. Bahan kimia pada parfum bisa membunuh bakteri baik pada organ kewanitaan dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.
  • Makanan dan minuman
    Pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik bagi kesehatan tubuh maupun organ intim Anda. Hindari makanan dan minuman yang memicu terjadinya keputihan. Hindari konsumsi kafein, alkohol juga obat-obatan berbahaya lainnya.
  • Jaga kebersihan saat haid
    Menjaga kesehatan saat haid sangat disarankan bagi semua wanita. Saat haid, pastikan Anda mengganti pembalut sehabis buang air kecil ataupun saat pembalut sudah penuh. Pastikan Anda memilih pembalut yang sehat dan nyaman saat dipakai. Ganti pembalut Anda minimal dua kali dalam sehari saat haid.
Baca Juga:  Cara Untuk Mengatasi Kulit Kering

Penyebab umum terjadinya keputihan dan penyakit lain pada organ kewanitaan adalah kurang terjaganya kebersihan organ intim tersebut. Ladies, agar kesehatan organ intim selalu terjaga, pastikan selalu menjaga kebersihan organ intim Anda baik kebersihan di sekitar daerah kewanitaan Anda ataupun pakaian yang tengah dipakai.