Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

DokterSehat.Com – Jika kita mencermati anak-anak jaman sekarang, ternyata jumlah anak-anak yang menggunakan kacamata jauh lebih tinggi jika dibandingkan pada anak-anak jaman dahulu. Penggunaan banyak peralatan teknologi tinggi layaknya komputer atau gadget dan smartphone yang berlebihan ditengarai menjadi penyebab utama penurunan kesehatan mata pada masyarakat modern. Jika kita termasuk dalam orang-orang yang banyak menggunakan peralatan yang bisa memicu masalah kesehatan pada mata, kita masih bisa tetap menjaga kesehatan mata dengan trik-trik mudah seperti sebagai berikut.

doktersehat-Astigmatisma-mata-silinder-Hipermetropi-Rabun-jauh-Mata-dekat

Bijak-bijak dalam menggunakan komputer atau ponsel diyakini bisa membuat mata kita tetap sehat. Banyak orang yang bisa berlama-lama memandang layar komputer atau ponsel dalam waktu yang lama. Padahal, banyak pakar kesehatan yang menyebutkan jika memandang peralatan berteknologi tersebut bisa membuat mata jarang berkedip sehingga mata pun beresiko tinggi terkena iritasi. Sering-seringlah mengedipkan mata agar penglihatan pun tidak mudah terganggu.

Saat siang hari, sinar matahari bisa sangat terik dan menyilaukan. Namun, banyak dari kita yang menyepelekan silau sinar matahari yang memantul di luar ruangan. Padahal, paparan sinar ultraviolet ini juga bisa merusak kesehatan mata layaknya merusak kesehatan kulit. Andai kita harus keluar di sinar yang terik, apalagi jika harus berkendara di jalan raya, jangan ragu untuk memakai kacamata hitam sehingga kita pun akan mengurangi resiko terkena penyakit katarak atau degenerasi makula yang disebabkan oleh pancaran sinar ultraviolet yang sangat silau.

Menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengam mengendalikan tekanan darah dan kolesterol pada kadar yang normal. Tekanan darah yang tinggi diyakini berpengaruh besar pada kesehatan penglihatan layaknya oklusi vena retina atau masalah mata vaskular. Selain itu, cobalah untuk menjaga kadar gula darah dalam level yang baik mengingat jika kadar gula dalam darah tidak bisa dikendalikan, maka mata bisa mengalami masalah retinotherapy diabetes yang membuat bagian dalam mata atau retina mengalami kerusakan dan bahkan bisa memicu kebuataan.

Baca Juga:  Awas, Meminum Teh Secara Berlebihan Bisa Memicu Masalah Kesehatan Berikut

Untuk menjaga kesehatan mata, ada baiknya kita mengkonsumsi banyak makanan yang kaya dengan kandungan antioksidan layaknya sayuran hijau bayam, sawi, hingga kangkung. Banyaknya antioksidan yang kita konsumsi ternyata bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang ikut menjaga kesehatan mata sehingga penglihatan pun tidak akan mudah mengalami kerusakan.