Tips Mudah Mengetahui Masa Subur Wanita

DokterSehat.Com – Bagi wanita yang sudah menikah, kalender bisa menjadi barang yang sangat penting dan sering untuk dilihat. Beberapa wanita bahkan mengaku jika mereka menandai beberapa tanggal untuk memeriksa apakah siklus menstruasi mereka dalam kondisi yang lancar atau tidak. Selain itu, wanita juga ingin mengetahui apakah mereka sudah berada dalam masa subur atau tidak. Hal ini penting adanya karena bisa menentukan pasangan memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan keturunan. Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk mengetahui masa subur wanita yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa diantara tips-tips tersebut.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Tips pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memakai alat uji kehamilan atau yang kerap disebut sebagai test pack. Alat ini bisa dengan mudah didapatkan dari apotek-apotek terdekat dimana jika kita ingin mengecek masa subur, maka kita bisa teteskan air seni pada alat ini. Jika pada tes kehamilan kita akan berfokus pada satu atau dua garis yang muncul, maka jika dalam alat uji kehamilan ini ada perubahan warna, maka wanita bisa dipastikan berada dalam masa subur. Sebaliknya, jika alat ini tidak memberikan perubahan warna sama sekali, maka wanita tidak berada dalam masa subur dan kemungkinan mendapatkan keturunan pada waktu ini cenderung rendah.

Tips berikutnya yang bisa dilakukan kaum hawa dalam mengetahui masa subur adalah dengan mengecek kalender yang telah ditandai dengan tanggal dimana siklus menstruasi wanita muncul atau berakhir. Untuk mengetahui masa subur, kita tinggal menambahkan 13 hari setelah hari terakhir siklus menstruasi dan mulai hari itulah hingga seminggu ke depan yang disebut sebagai masa subur bagi wanita untuk mendapatkan keturunan. Banyak wanita yang memakai tips ini meskipun tingkat akurasinya tidak begitu tinggi.

Baca Juga:  ASI Ternyata Mampu Mencegah Munculnya Penyakit Meningitis dan Pneumonia

Mengetahui masa subur juga bisa dilakukan dengan mengecek suhu tubuh. Caranya adalah dengan menempatkan thermometer pada bawah lidah atau pada organ vital pada pagi hari. Setelah melakukan sedikit aktifitas dan kemudian suhu tubuh mengalami kenaikan drastis dari saat bangun tidur dan belum beraktifitas, maka wanita pun berada dalam masa subur untuk mendapatkan keturunan.