Tips Mudah Mengatasi Bau Badan

DokterSehat.Com – Selain penampilan yang menawan, setiap orang tentu mendambakan tubuhnya tidak mengalami masalah bau badan agar tetap mendapatkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak, sebagus atau semantap apapun penampilan seseorang, jika kemudian saat berbincang-bincang atau bersalaman ternyata diketahui memiliki masalah bau badan, maka bisa jadi lawan bicaranya akan merasa tidak nyaman. Bau badan sendiri seringkali terjadi karena seseorang memproduksi keringat dengan sangat berlebihan. Lantas, apakah ada cara yang efektif agar bau badan bisa diatasi?

doktersehat-ketiak-deodoran

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasi masalah bau badan yang berlebihan dan tidak sedap. Hal pertama yang tentu harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Kuncinya adalah dengan mandi secara rutin, setidaknya dua kali sehari. Jangan malas dan hanya akan mandi sekali sehari saja mengingat adanya kemungkinan berbagai kotoran atau bakteri yang menempel pada tubuh yang jika dikombinasikan dengan keringat, akan menimbulkan bau yang sangat menyengat. Selain mandi dua kali sehari, kita juga harus memperhatikan bau pada kaki karena seringkali bagian tubuh ini lembab dalam waktu yang lama akibat memakai sepatu. Rendamlah kaki dengan air hangat yang dicampur hangat agar kaki kita tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Selain mandi dengan rutin, cobalah memakai deodoran atau setidaknya parfum. Menggunakan deodoran pada ketiak dianggap akan mampu menurunkan potensi munculnya bau badan yang menyengat karena produksi keringat berlebihan pun bisa dicegah. Untuk pemakaian parfum, disarankan menggunakannya seperlunya saja karena jika berlebihan justru bisa menyebabkan pusing-pusing.

Pemilihan bahan pakaian ternyata juga bisa mempengaruhi bau badan. Mengingat kita tinggal di negara tropis nan panas dan berpotensi mudah menimbulkan keringat, pakailah bahan yang nyaman layaknya bahan katun yang menyerap keringat sehingga tubuh pun tidak mudah merasa gerah dan bau badan pun tidak akan mudah muncul.