Tips Mudah dan Efektif Mendapatkan Postur Tubuh Sempurna

DokterSehat.Com– Jangan mencoba mengubah diri Anda dalam sekejap mata. Mulailah dengan sabar, karena butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan postur tubuh yang baik, dan ada beberapa latihan untuk memperbaikinya.

Salah satu aspek terpenting dari postur tubuh yang baik adalah kendalikan batin Anda. Bayangkan bahwa ada benang yang membentang dari tengkuk Anda ke tulang ekor Anda, dan jangan pernah melupakannya. Teknik visualisasi semacam itu membantu mengatur pikiran Anda menuju postur tubuh yang baik. Berikut tips yang bisa Anda lakukan di rumah ataupun di sela aktivitas, seperti mengutip BrightSide.

1. Badan Anda harus berdiri secara merata pada kedua kaki. Selalu kendalikan perutmu jika Anda tidak dapat melakukannya dengan benar. Cobalah latihan yang disebut “ruang hampa udara”: berbaring atau duduk tegak, buang napas dengan kasar melalui mulut Anda dan tahan napas. Serentak kendalikan perut Anda sebanyak mungkin dan hitung 15 detik. Reganggkan otot-otot Anda dengan sangat hati-hati. Ulangi latihan ini.

2. Apa pun yang Anda lakukan, punggung Anda harus lurus. Untuk memiliki posisi yang benar, Anda perlu berdiri selama beberapa menit menekan tengkuk, betis, bokong, dan tulang belikat Anda ke dinding. Latihan semacam itu membantu Anda merasakan keseimbangan tubuh Anda.

3. Latihan yang paling efektif untuk postur tubuh yang baik adalah berenang karena melibatkan seluruh otot punggung, perut, dan tangan. Seluruh sistem otot menjadi lebih kuat dan akibatnya punggung Anda menjadi lebih tegak.

4. Anda juga harus ingat postur tubuh Anda mengendalikannya. Sesuaikan tempat duduk Anda untuk membuatnya lebih nyaman tidak membungkuk, Anda harus hampir terpaku pada tempat duduk Anda dengan leher, tengkuk, dan punggung Anda.

5. Senang rasanya menjadi “bintang” atau terlentang di tempat tidur, tapi pose ini tidak bagus untuk postur tubuh Anda. Sebaiknya Anda tidur miring dengan lutut yang sedikit tertekuk karena pose ini melindungi tulang belakang Anda dari deformasi dan ketegangan ekstra. Terlebih lagi, posisi seperti itu membantu menghindari mendengkur dan membuat pernapasan lebih mudah.

6. Kelas yoga sangat membantu juga. Yoga membantu tubuh kita dan setiap otot untuk rileks. Ini agak mudah untuk meluruskan tulang belakang seseorang dengan bantuan latihan semacam itu. Apalagi Anda akan menjadi lebih sehat dan bahagia.

7. Mulailah hari Anda dengan postur tubuh yang lurus. Peregangan seperti Anda ingin menyentuh langit-langit, dan kemudian membuat punggung Anda mengambil posisi yang benar. Awal yang tepat dari hari Anda adalah langkah awal untuk postur tubuh yang baik.

8. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memasak sambil duduk, cobalah untuk tidak bersandar di atas meja.

9. Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda dengan berdiri, cobalah duduk setiap 2 jam selama beberapa menit untuk membiarkan punggung Anda beristirahat.

10. Cobalah duduk di tepi kursi dan buat punggung rileks. Apakah kamu berhasil melakukannya? namun sulit karena ini adalah metode pengendalian diri yang hebat.

11. Jika sedang menyetrika pakaian, jarak terbaik antara papan setrika dan siku Anda adalah 4-6 inci (10-15 cm), jadi cobalah ikuti peraturan ini.

12. Cara yang baik untuk mengendurkan punggung adalah peregangan otot seperti kucing: berdiri di atas lutut dan telapak tangan, dan lengkungkan punggung Anda untuk menyentuh dada dengan dagu Anda. Lalu tekuk punggung Anda sebaliknya: tarik bilah bahu Anda, dan angkat dagu Anda. Ulangi latihan ini 10 kali, dan Anda akan merasa lega.

13. Saat memegang smartphone, usahakan posisi di depan mata Anda, bukan menundukan atau memiringkan kepala. Ini akan mengurangi ketegangan pada tulang belakang leher rahim Anda.

14. Anda juga bisa membawa dua kantung untuk membagi bobotnya sama saat Anda berbelanja.

15. Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari memakai high heels. Bawa sepatu yang nyaman untuk kaki Anda, dan kenakan kapanpun bila memungkinkan.

16. Menirukan seperti model dengan membawa buku di kepala Anda. Ambillah satu buku yang lebar dan cobalah untuk berjalan membawanya. Berlatihlah secara teratur untuk memperbaiki postur dan gaya berjalan Anda.

17. Biasakan membawa tas di bahu yang sama, seperti tas gandong. Hal ini menyebabkan deformasi tulang belakang. Jadi ingatlah untuk mengubah bahu dari waktu ke waktu.

18. Atur pengingat berulang dengan menjaga punggung tetap lurus pada smartphone Anda.

19. Jangan malu. Salah satu alasan mengapa kita membungkuk adalah kita tidak percaya diri.

20. Tetapi jika Anda memiliki sikap tegar dan kepercayaan diri yang luar biasa, orang tidak akan memperhatikan tas lama Anda. Fakta bahwa Anda pikir Anda terlalu tinggi, atau apapun yang mungkin Anda bayangkan.

Jadi sekarang saatnya untuk mulai berlatih dan mempraktikannya setiap hari secara teratur untuk postur tubuh yang Anda idamkan.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik