Tips Mudah Atasi Rasa Pegel Di Leher

DokterSehat.Com – Bekerja di kantor, meski kelihatannya tidak menggunakan otot, mudah menyebabkan tubuh kaku dan pegal-pegal. Duduk terlalu lama bekerja di depan komputer dengan posisi tidak tepat, gampang mendatangkan kelelahan, nyeri, atau pegal dibahu, sakit pinggang dan lainnya.

15

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa sakit di bagian leher? Ladies, umumnya ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi rasa pegal di leher.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba :

  • Kompres dengan air hangat atau air es
    Ini adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan di rumah. Anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat lalu dikompreskan di area leher yang pegal atau nyeri. Cara ini akan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan air es. Anda bisa mencoba keduanya untuk mencari tahu mana yang paling pas.
  • Pijat
    Minta teman atau kerabat Anda memijat bagian otot trapezius, mulai dari otot di bagian bawah tengkorak kepala hingga ke punggung dan bahu. Pastikan pijatan dilakukan dengan lembut. Pijatan akan membuat otot-otot Anda lebih rileks.
  • Gerakkan leher
    Putar leher Anda searah jarum jam 7-8 kali. Lalu ulangi dengan arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Tarik napas ketika memutar leher ke atas dan hembuskan ketika leher memutar ke bawah. Lakukan perlahan saja karena tujuannya adalah membuat otot leher lebih rileks dan tidak membuatnya makin stres.
  • Gerakkan bahu
    Gerakkan bahu ke belakang dan ke depan. Kepalkan jari-jari tangan dan angkat lengan Anda ke atas. Pandangan tetap lurus ke depan dan jangan membungkuk. Tahan selama satu menit, baru turunkan lagi lengan Anda. Lalu gerakkan bahu ke belakang dan ke depan kembali, ulangi prosedur yang sama.
  • Peregangan tubuh untuk mengurangi stres
    Letakkan kedua tangan Anda di belakang punggung, genggam kedua tangan Anda. Lalu angkat hingga otot-otot bahu tertarik. Tahan selama beberapa detik, rilekskan tubuh, dan ulangi lagi beberapa kali hingga tubuh Anda terasa lebih nyaman.
Baca Juga:  Penyakit Serumen Prop Dan Apa Dampak Bagi Kesehatan Telinga

Anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan lain yang mengandung flavonol seperti cokelat untuk memperlancar aliran darah. Buah blueberry, delima, biji labu, jahe, dan ceri juga memiliki kandungan anti radang yang bisa meredakan nyeri otot.

Agar sakit tak semakin parah, setiap kali Anda merasa lelah, luangkan waktu untuk segera beristirahat. Lakukan hobi atau hal yang Anda sukai tanpa harus memaksa otot leher Anda bekerja semakin keras. Bila Anda sudah mencoba semua cara di atas tapi rasa sakit di  leher tidak berkurang sama sekali, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.