Tips Merencanakan Diet

DokterSehat.Com – Merencanakan diet yang sehat dan berkualitas sangat dibutuhkan dan penting untuk mendapatkan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Tidak hanya sekedar diet yang dapat ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari diet rendah lemak, diet karbohidrat, diet tinggi protein dan berbagai macam metode diet yang seringkali dilakukan tanpa mengetahui berapa kandungan gizi yang harus dipenuhi dan dikurangi.



Banyak pelaku diet gagal melaksanakan diet sehingga putus asa dan terputus di tengah jalan. Diet gagal maka yang terjadi adalah potensi naiknya berat badan semakin tinggi sehingga pelaku diet semakin putus asa. Untuk menghindari kondisi ini maka harus seiring dengan melengkapi diri dengan  pengetahuan gizi. Dengan pengetahuan gizi maka pelaku diet akan lebih memahami bagaimana mengatur pola makan dan kalori asupan bagi tubuh.

Berikut ini adalah 3 panduan yang perlu ladies cermati sebelum memulai diet :

1. Menentukan banyaknya berat badan yang akan diturunkan
Menurut Brian C. Jacobson, seorang gastroenterologist dari Boston University, mengetahui seberapa banyak berat badan yang akan diturunkan merupakan langkah paling awal yang harus ladies lakukan dalam perencaan diet. Bagi ladies yang mengalami obesitas, maka ladies perlu menurunkan berat badan ladies sampai pada titik ideal. sedangkan bagi ladies yang merasa sudah berada pada berat badan ideal, ladies hanya perlu mengontrolnya.

2. Memahami personality
Personality yang dimaksud di sini adalah bagaimana pola pikir ladies terhadap makanan. tentunya tiap ladies berbeda pandangan dalam memperlakukan makanan. Beberapa ladies mungkin tahan terhadap godaan makanan, namun beberapa di antaranya tidak bisa menolak makanan. Dengan mengetahui personality, ladies akan belajar untuk mengontrol sikap diri ladies terhadap makanan.

Baca Juga:  Menu Sarapan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

3. Membuat komitmen untuk diet
Komitmen sangat dibutuhkan sebelum memulai diet. dengan memiliki tekat yang kuat untuk menurunkan berat badan, maka diet yang akan ladies jalani akan terasa lebih mudah. Saat mulai menjalani diet, tetap tanamkan komitmen tersebut di kepala ladies agar diet yang ladies jalani berhasil dan berjalan sesuai dengan yang ladies inginkan.