Tips Meredam Mual Saat Hamil

Doktersehat.com – Saat hamil tubuh banyak mengalami perubahan. Hal itu menyebabkan timbulnya berbagai keluhan yang dirasakan calon ibu. Salah satu keluhan yang paling kerap kita dengar adalah rasa mual ketika sedang hamil.



Pada umumnya rasa mual memang kerap dialami para wanita yang sedang hamil. Namun, Anda patut waspada apabila rasa mual timbul secara terus-menerus dan disertai dengan muntah yang berlebihan. Bisa jadi itu bukan sekedar morning sick yang biasa terjadi pada ibu hamil, bisa saja Anda menderita hiperemesis gravidarium.

Rasa mual terus-menerus pastilah mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mengurangi rasa mual yang disebabkan oleh  hiperemesis gravidarium lakukan tips berikut ini:

1. Atur pola makan

Saat muntah, banyak cairan dan elektrolit yang terbuang dari tubuh Anda. Untuk menjaga cairan tubuh Anda tetap dalam kondisi normal sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi agar bobot tubuh Anda tetap seimbang.

2. Hindari pencetus rasa mual

Pada umumnya wanita yang sedang mengandung akan lebih sensitif dengan aroma tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda menjauhkan aroma-aroma tertentu yang memicu timbulnya rasa mual.

3. Konsumsi karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam nasi atau kentang dapat menambah energi pada tubuh. Sebaiknya jauhkan makanan yang mengandung rempah karena dapat mengakibatkan mulas yang parah.

4. Konsumsi buah-buahan

Vitanin C yang terdapat pada buah kiwi dan anggur dapat memperlancar kerja sisitem pencernaan Anda. selain itu, buah semangka dan melon juga bermanfaat mengurangi rasa mual.

Sumber: Okezone.com