Tips Meredakan Sakit Pinggang

DokterSehat.Com – Sakit Pinggang, apakah anda pernah mengalami sakit pinggang yang begitu mengganggu? Jangan pernah acuhkan sakit pinggang yang anda derita, karena apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius.



Sakit pinggang (low back pain atau lumbago) adalah rasa sakit yang terjadi di wilayah pinggang bagian bawah dan juga dapat menjalar ke kaki terutama bagian samping luar dan sebelah belakang, masalah sakit pinggang menjadi masalah yang paling sering di alami oleh setiap orang, bahkan sakit pinggang adalah penyakit neurologis kedua yang paling sering di alami oleh setiap orang setelah penyakit sakit kepala.

Sakit pinggang bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa factor, penyebab utama timbulnya sakit pinggang adalah ketegangan otot. Hal ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak.  Misalkan pada saat sedang olah raga dengan tidak kita sadari kita bergerak terlalu mendadak dan berlebihan pada waktu mengejar atau memukul bola (tennis,golf,badminton, dan lain-lain).  Demikian juga kalau kita mengangkat benda-benda agak berat dengan cara yang salah, misalnya memindahkan kursi,mengangkat koper,meja,mendorong mobil, bahkan pada waktu kita dengan sangat gembira mengangkat anak atau cucu kita akan dapat terjadi sakit pinggang.

Selain ketegangan otot, faktor usia juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Pengapuran tulang belakang yang terjadi pada saat usia tua dapat mengakibatkan jepitan pada saraf yang bersangkutan dan dapat mengakibatkan nyeri pinggang yang hebat juga.

Gejala sakit pinggang sangat mudah untuk dikenali yaitu adanya  sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku dan keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Selain itu pada kondisi tertentu  dirasakan  rasa sakit di pinggang dan dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Mencukur Atau Merapikan Rambut Kemaluan

Tips meredakan sakit pinggang :

  1. Kalsium
    Kalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium. Untuk mengonsumsinya, masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.
  1. Terapi panas
    Untuk nyeri punggung yang sudah cukup kronis, lakukan terapi panas, tempelkan kantung karet berisi air panas selama 20 menit pada area yang sakit. Cara ini akan meredakan rasa sakit.
  1. Minyak Eucalyptus
    Minyak eucalyptus merupakan bahan alami yang dikenal efektif menyembuhkan sakit punggung, oleskan 3-4 tetes minyak eucalyptus pada daerah yang sakit. Anda bisa menambahkan juga parutan jahe agar lebih hangat dan menyamankan otot.
  1. Bawang putih
    Panaskan minyak kelapa atau minyak wijen bersama 8 siung bawang putih, selama 1-2 menit. Lalu diamkan hingga dingin, dan gunakan campuran tersebut sebagai minyak untuk memijat bagian yang sakit. Biarkan selama 3 sampai 4 jam, lalu mandilah dengan air hangat. Punggung Anda pun akan terasa nyaman dan rasa sakit mereda.
  1. Teh Chamomile
    Chamomile punya efek menenangkan dan mengendurkan ketegangan otot, minumlah 1 hingga 3 cangkir teh chamomile untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung.