Tips Merawat Rambut Kering

DokterSehat.Com – Rambut Kering tentunya bukan dambaan setiap wanita, terutama untuk para model yang setiap harinya harus berpose didepan kamera untuk dijadikan foto sampul majalah remaja atau yang lainnya. Tak hanya model, semua kalangan wanita pun pasti tidak ingin memiliki rambut yang kering karena masalah tersebut sangatlah mempengaruhi rasa kepercayaan diri setiap wanita, terutama ketika sedang beraktifitas di luar ruangan. Oleh karena itu Anda memerlukan cara mengatasi rambut kering secara alami.



Jika dibiarkan maka lama kelamaan rambut akan semakin rusak, jadi masalah ini harus cepat-cepat diatasi agar tidak menimbulkan efek yang lebih buruk kedepannya. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kering, ada yang menggunakan cara modern ataupun cara alami. Sebaik-baiknya cara adalah yang alami tentunya, selain aman biasanya cara alami juga praktis untuk dilakukan.

Perlu diketahui penyebab dari rambut kering ini dapat diakibatkan dari berbagai hal. Penggunaan alat-alat perawatan seperti hair dryer, alat catok, alat pengeriting rambut menjadi salah satu penyebab rambut menjadi rusak. Bahkan keramas yang dilakukan setiap hari dan sering mengganti-ganti shampo pun menjadi penyebab kerusakan rambut ini.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan rambut kering yang bisa dilakukan sehari-hari, diantaranya :

  1. Shampo
    Hal pertama yang harus diketahui adalah pemilihan shampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut. Pilihlah shampo khusus untuk perawatan rambut rusak dan kering. Hindari keramas setiap hari, disarankan untuk keramas dilakukan 2 (dua) hari sekali. Namun bila sedang melakukan aktifitas diluar ruangan yang menyebabkan rambut menjadi kotor, maka dapat keramas setiap hari. Bila diperlukan gunakan juga kondisioner yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut.
  1. Vitamin Rambut
    Gunakan vitamin rambut untuk membantu perawatan rambut dalam mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Pemilihan vitamin rambut ini juga perlu diketahui jenisnya yang disesuaikan dengan kondisi kerusakkan rambut. Untuk rambut dengan kulit kepala kering sebaiknya menggunakan Vitamin rambut yang mengandung E dan B3. Untuk rambut kasar dan bercabang sebaiknya memilih vitamin rambut yang mengandung C. Untuk Vitamin rambut yang mengandung biotin cocok untuk rambut yang rontok.
  1. Peralatan rambut
    Penggunaan hair dryer sebaiknya dihindari, bila memang membutuhkan rambut cepat kering maka dapat menggunakan kipas angin untuk membuatnya cepat kering. penggunaan alat panas seperti hair dryer dan catokan dapat membuat rambut rusak.
  1. Sisir Rambut
    Sisir rambut secara perlahan, menyisir dengan cepat dan kasar akan membuat rambut menjadi kusut dan rusak. Oleh karena itu sisir secara perlahan, jangan memaksakan rambut yang kusut karena dapat membuatnya rontok. Gunakanlah sisi yang memiliki jarak kerenggangan yang besar agar lebih mudah dalam menyisirnya.
  1. Warna Rambut
    Bila ingin melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya memilih pewarna rambut yang aman dan tidak merusak rambut.