Tips Merawat Payudara Agar Tidak Mudah Terkena Infeksi

DokterSehat.Com – Salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan oleh kaum wanita adalah payudaranya. Payudara kerap kali dianggap sebagai aset berharga yang bisa menjadi daya tarik sekaligus menambah rasa percaya diri pada wanita. Setiap wanita tentu mendambakan payudara yang sehat dan kencang. Sayangnya, jika tidak dirawat dengan benar, payudara bisa mengalami infeksi yang tentu akan membutuhkan perawatan khusus agar tidak kehilangan keindahannya. Berikut adalah beberapa cara merawat payudara dengan benar agar tidak mudah terkena infeksi.



Cara pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memakai bra yang tepat. Tepat disini adalah yang sesuai dengan ukurannya sehingga bra bisa menopang payudara dengan nyaman. Jika bra terlalu kecil, payudara akan lebih banyak tertekan dan lama-kelamaan bisa memicu infeksi. Pastikan pula bra yang dipakai adalah yang bersih karena bra yang kotor bisa memiliki kuman, bakteri, atau bahkan kotoran yang bisa membuat payudara anda terinfeksi.

Wanita juga harus memperhatikan cara mandinya jika ingin menjaga payudaranya tidak mudah terkena infeksi. Tahukah anda, mandi air hanyat ternyata bisa memicu infeksi pada payudara. Kulit payudara yang cenderung lebih sensitif akan bisa terasa kering dan gatal-gatal jika terkena air hangat. Meskipun mandi air hangat sangat menenangkan, namun ada baiknya kita menghindari mandi dengan air hangat untuk mencegah infeksi pada payudara. Setelah mandi pun kita tidak boleh mengusap payudara dengan sembarangan. Pastikan payudara benar-benar dilap hingga kering sebelum anda memakai bra dan saat mengelap payudara, pastikan anda melakukannya dengan lembut. Payudara yang masih basah saat memakai bra beresiko mengalami masalah kulit layaknya ruam-ruam kemerahan yang bisa memicu infeksi.

Payudara memiliki sensitifitas yang berbeda jika dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Pastikan anda menyentuhnya dengan lembut dan halus dan tidak menekannya terlalu keras saat mandi. Hal ini akan membuat payudara pun terjaga bentuknya, kekencangannya, dan terhindari dari infeksi.