Tips Merawat Kulit Berminyak Secara Alami

DokterSehat.Com – Punya masalah dengan kulit wajah berminyak ? Tenang, di Blog Remaja ini akan kita kupas sampai tuntas tips merawat ataupuncara merawat kulit wajah berminyak secara alami. Wajah berminyak sejatinya bukan cuma dialami oleh kaum wanita saja akan tetapi kaum pria juga bisa mengalami hal serupa. Keluarnya minyak secara berlebihan disebabkan oleh produksi hormon yang berlebihan dan biasanya terjadi pada masa remaja.



Karena produksi hormon yang berlebihan terkadang kita akan merasa risih,susah mencari make up dan ini biasanya terjadi pada orang yang mengutamakan penampilan. karena kulit wajah yang berminyak akan sangat mudah mengikat debu dan kotoran maka akan membuat kulit kita mengkilap dan terlihat hitam.

Berikut ini ada beberapa tips merawat kulit wajah berminyak yang aman untuk anda coba,silahkan baca selengkapnya :

  • Menggunakan jeruk nipis
    Tips merawat kulit berminyak yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Untuk mendapatkan bahan ini tidaklah sulit karena sudah banyak ditawarkan di pasar ataupun supermarket. Berikut adalah cara pemanfaatannya untuk merawat kulit berminyak :

    Siapkan 1 buah jeruk nipis dan belah dua, kemudian olesi seluruh kulit wajah dengan daging dari jeruk nipis tersebut, tunggu kurang lebih 15 menit agar kandungan cairan jeruk nipis tersebut meresap ke dalam pori pori kuit. Setelah selesai, bersihkan dengan air bersih.

    Dengan melakukan cara ini minimal 1 kali dalam sehari, maka kandungan minyak berlebih pada wajah akan berkurang dan kulit wajah menjadi lebih sehat.

  • Menggunakan campuran madu, susu, dan pisang
    Cara menggunakan bahan bahan tersebut untuk merawat kulit berminyak adalah denagn melumatkan pisang terlebih dahulu, lalu mencampurkan madu dan susu denagnnya. Setelah tercampur rata, jadikan campuran tersebut sebagai masker dan oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama kurang lebih setengah jam sambil melakukan relaksasi. Jika sudah, bersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian disusul dengan membersihkannya menggunakan air dingin.

    Dengan melakukan cara ini minimal 2 kali dalam seminggu, maka wajah berminyak bisa teratasi.

  • Menggunakan daun seledri
    Daun seledri pun ternyata bukan hanya bisa digunakan sebagai bumbu kuah bakso, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk bahan merawat wajah yang berminyak. Tips merawat kulit berminyak menggunakan daun seledri adalah dengan memotongnya menjadi bagian yang kecil kecil, lalu rebus dalam air mendidik. Jika sudah, biarkan beberapa menit hingga cukup dingin, untuk kemudian basuhkan dan cuci wajah Anda menggunakan air rebusan seledri tersebut. Agar bisa bekerja lebih optimal, maka jangan lap wajah Anda dengan handuk, tetapi biarkan saja hingga mengering dengan sendirinya. Jika sudah kering, maka Anda boleh membersihkannya dengan air bersih.

Dengan melakukan cara tersebut sehari dalam sekali, maka kulit wajah yang tadinya berminya bisa menjadi berkurang kadar minyaknya dan wajah menjadi lebih sehat dan menarik.