Tips Merawat Gigi Behel Agar Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Siapapun itu tentunya menginginkan gigi yang indah dan tampak cantik. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun anda tidak perlu berputus asa sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel.

7

Saat menggunakan behel akan sulit bagi anda untuk begitu bebas merawat gigi anda sebab akan terhalangi oleh behel anda. Namun di sisi lain anda juga harus tetap memperbaiki dan terus merawat gigi anda agar tetap sehat. Oleh karena itu anda sangat membutuhkan cara khusus agar gigi anda bisa tetap terawat meskipun menggunakan behel.

Berikut tips merawat gigi berbehel agar tetap sehat :

  • Bagi pengguna baru
    Biasanya orang yang baru menggunakan kawat gigi akan menimbulkan rasa sakit selama berhari-hari pada area giginya. Hal ini dikarenakan gigi belum dapat langsung beradaptasi dengan behel yang digunakan. Untuk menghilangkan rasa nyerinya kita bisa membuat minuman dengan 1 gelas air yang sudah ditambahi 2 sendok garam untuk dikumur-kumur.
  • Menggunakan sikat gigi khusus
    Sikat gigi khusus sangat direkomendasikan bagi anda yang menggunakan behel/kawat gigi. Gunakanlah sikat gigi yang bebrbulu halus dan lembut karena lebih efektif membersihkan gigi berbehel.
  • Hindari permen karet
    Ada baiknya orang yang menggunakan kawat gigi tidak untuk mengkonsumsi permen karet lagi, hal ini dikarenakan permen karet memiliki tekstur yang lembut dan lengket yang akan melekat pada gigi kawat.
  • Hindari makanan keras
    Makanan yang bertekstur keras bisa sangat berpengaruh pada kawat gigi karena membuat gigi akan terasa nyeri saat mengunyah bahkan bisa membuat behel terlepas. Sebaiknya makanan yang bertekstur keras dipotong kecil-kecil dahulu sebelum dikonsumsi.
  • Hindari minuman bersoda
    Minuman bersoda mungkin tidak berapa pengaruh bagi orang yang tidak menggunakan behel, namun beda halnya orang yang menggunakan behel karena minuman bersoda dapat menimbulkan karang gigi atau plak diarea kawat gigi.
  • Hindari mengkonsumsi jagung utuh
    Biasanya orang yang menggunakan kawat gigi sudah mengetahui hal ini, karena mengkonsumsi jagung secara utuh dapat merusak kawat gigi.
  • Hindari mengkonsumsi caramel
    Caramel adalah olahan yang terbuat dari gula yang bersifat lengket dan memiliki rasa yang manis. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi caramel bagi pengguna kawat gigi karena caramel yang kita makan akan melekat pada kawat gigi dan sangat sulit untuk dibersihkan. Ini akan membuat gigi lebih cepat berlubang karena karamel melakukan kontak langsung dengan gigi dalam waktu berjam-jam apabila tidak dibersihkan secepatnya.
  • Hindari es batu
    Tentu saja mengunyah es batu secara langsung akan merusak kawat gigi karena sifatnya yang keras selain itu minuman dingin juga akan berdampak buruk bagi pengguna kawat gigi terutama pada gigi sensitif.
  • Periksa gigi ke dokter
    Sangat disarankan untuk melakukan chek-up gigi minimal 3 bulan sekali untuk mengetahui kesehatan serta perkembangan gigi kita terutama orang yang menggunakan kawat gigi.